Tol Bocimi Longsor, Polisi Alihkan Arus Lalu Lintas Kendaraan ke GT Cigombong

Oleh: Tarmizi Hamdi
Jumat, 05 April 2024 | 11:00 WIB
Tol Bocimi Longsor ilustrasi. (Foto/freepik)
Tol Bocimi Longsor ilustrasi. (Foto/freepik)

BeritaNasional.com -  Korlantas Polri menyiapkan rekayasa lalu lintas imbas Tol Bogor, Ciawi, dan Sukabumi (Bocimi) longsor. 

Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Raden Slamet Santoso menjelaskan lebih lanjut rekayasa lalu lintas yang dilaksanakan di Tol Bocimi imbas longsor pada Rabu (3/4) malam.

Brigjen Pol Raden menjelaskan kendaraan dari arah Jakarta menuju Sukabumi akan dikeluarkan di exit Tol Cigombong, kemudian intran di Parung Kuda lanjut menuju arah Sukabumi.

“Terkait longsor di Bocimi, kami melaksanakan rekayasa lalu lintas terkait arah Jakarta menuju Sukabumi. Kami keluarkan di exit tol Cigombong, kemudian mereka masuk lagi ke intran Parungkuda,” katanya yang dikutip pada Jumat (5/4).

Begitu juga sebaliknya, kendaraan dari Sukabumi menuju Jakarta akan dikeluarkan di pintu keluar Tol Parungkuda. Kemudian, masuk lagi di Tol Cigombong.

“Demikian seterusnya, ini untuk pengamanan jalur yang di titik longsor dan untuk rehabilitasi dari BPJT (badan pengatur jalan tol) yang ada,” ujar jenderal bintang satu itu.

Longsor yang terjadi Rabu malam, 3 April 2024 membuat sejumlah kendaraan terperosok. Namun, polisi memastikan tidak ada korban jiwa, hanya luka ringan.

“Alhamdulillah dari kejadian tadi malam ada beberapa kendaraan yang terperosok, tetapi tidak ada korban meninggal dunia, hanya luka ringan,” ucapnya.

Pemangku Kebijakan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) Kementerian PUPR Sonny S. Wibowo menyebutkan perbaikan ruas jalan tol Bocimi yang terkena longsor membutuhkan waktu dua sampai tiga bulan karena kerusakan yang cukup berat.

“Terkait kerusakan longsor di Bocimi memang kami sudah evaluasi ke sana, memang agak berat kerusakannya karena hampir satu ruas jalan,” ungkapnya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: