Apa Itu Anxiety: Memahami Gangguan Kecemasan dan Cara Mengatasinya

Oleh: Aco
Sabtu, 06 April 2024 | 01:30 WIB
Apa itu Anxiety - Ilustrasi by Canva
Apa itu Anxiety - Ilustrasi by Canva

BeritaNasional.com - Belakangan ini ramai pencarian Apa itu Anxiety, dalam pembahasan berikut mari kupas tuntas semua hal tentang Anxiety.

Berdasarkan jurnal kesehatan tentang Anxiety, Kecemasan adalah kondisi mental yang umum di mana seseorang merasa khawatir, gelisah, atau takut secara berlebihan terhadap situasi atau peristiwa tertentu.

Hal tersebut adalah respons alami terhadap stres, tetapi ketika kecemasan menjadi berlebihan dan mengganggu kehidupan sehari-hari seseorang, itu dapat menjadi gangguan kecemasan.

Gejala Anxiety

Mengetahui-Gejala-Anxiety

Setelah mengerti tentang apa itu Anxiety, mari kita lihat beberapa gejala Anxiety.

Gejala kecemasan bisa bervariasi dari satu individu ke individu lainnya, tetapi beberapa gejala umum yang sering terjadi termasuk:

- Ketegangan otot
- Detak jantung cepat
- Peningkatan keringat
- Kesulitan tidur
- Kesulitan berkonsentrasi
- Rasa takut yang tidak dapat dijelaskan

Jenis-jenis Anxiety

Ada beberapa jenis gangguan kecemasan, termasuk:

1. Generalized Anxiety Disorder (GAD):

Kecemasan yang berlebihan dan juga kronis terhadap berbagai situasi atau peristiwa. 

2. Panic Disorder:

Gejala lainnya seperti, serangan kecemasan yang tiba-tiba dan intens, disertai dengan gejala fisik seperti detak jantung cepat, keringat dingin, dan ketegangan otot.

3. Social Anxiety Disorder:

Ketakutan yang berlebihan terhadap situasi sosial atau interaksi dengan orang lain.

4. Obsessive-Compulsive Disorder (OCD):

Gangguan di mana seseorang memiliki pikiran obsesif atau dorongan untuk melakukan ritual tertentu sebagai respons terhadap pikiran-pikiran tersebut.

Penyebab Anxiety

Penyebab kecemasan bisa sangat kompleks loh, bahkan dapat melibatkan kombinasi faktor genetik, lingkungan, dan biologis.

Beberapa faktor risiko termasuk riwayat keluarga kecemasan, stres kronis, trauma masa kecil, dan perubahan hormon.

Tentang Pengelolaan Anxiety

Meskipun kecemasan dapat mengganggu, ada banyak cara untuk mengelolanya.

Beberapa strategi yang dapat membantu termasuk:

- Terapi kognitif-perilaku
- Terapi obat
- Teknik relaksasi seperti meditasi dan pernapasan dalam
- Olahraga teratur
- Mendapatkan cukup tidur

Kesimpulan dari Pengertian Anxiety

kesimpulan-tentang-anxiety

Kecemasan adalah kondisi umum yang dapat memengaruhi siapa pun, tetapi dengan pengelolaan yang tepat, banyak orang dapat belajar untuk mengelola gejalanya dan menjalani kehidupan yang sehat dan produktif.

Jika Kamu atau seseorang yang Kamu kenal mengalami gejala kecemasan yang mengganggu, penting banget untuk mencari bantuan dari profesional kesehatan mental.

Dengan dukungan yang tepat, Kamu dapat mengatasi kecemasan dan mendapatkan kembali kontrol atas hidup Kamu dari situasi yang tidak mengenakan.

Kumpulan jurnal mengenai Anxiety

Berikut adalah beberapa jurnal dunia yang terkait dengan kecemasan (anxiety):

1. Journal of Anxiety Disorders:

Jurnal ini menyoroti penelitian tentang berbagai aspek gangguan kecemasan, termasuk epidemiologi, etiologi, patofisiologi, dan pengobatan.

2. Anxiety, Stress, & Coping:

Fokus utama jurnal ini adalah memahami stres, kecemasan, dan cara manusia mengatasi situasi yang menekan.

3. Depression and Anxiety:

Jurnal ini mempublikasikan penelitian tentang aspek klinis, eksperimental, dan translasional dari depresi dan kecemasan.

4. Behaviour Research and Therapy:

Meskipun tidak hanya tentang kecemasan, jurnal ini sering memuat penelitian terkait terapi perilaku dan kognitif untuk berbagai masalah mental, termasuk kecemasan.

5. Journal of Affective Disorders:

Jurnal ini mempublikasikan artikel tentang berbagai gangguan suasana hati dan kecemasan, serta penelitian tentang epidemiologi dan pengobatan.

6. Journal of Consulting and Clinical Psychology:

Terkenal dengan penelitian tentang intervensi psikologis, jurnal ini juga menyajikan studi tentang terapi perilaku dan kognitif untuk kecemasan.

7. Clinical Psychology Review:

Jurnal ini menyajikan ulasan sistematis dan meta-analisis tentang berbagai topik dalam psikologi klinis, termasuk kecemasan.

8. Journal of Psychiatric Research:

Menyajikan penelitian tentang aspek neurobiologis, genetik, dan farmakologis dari berbagai gangguan mental, termasuk kecemasan.

9. Journal of Traumatic Stress:

Jurnal ini menyoroti penelitian tentang stres dan trauma serta dampaknya terhadap kesehatan mental, termasuk gangguan kecemasan.

10. Cognitive Therapy and Research:

Fokus utama jurnal ini adalah penelitian tentang terapi kognitif dan proses kognitif yang mendasari gangguan mental, termasuk kecemasan.

Dengan mengakses jurnal-jurnal tersebut, Kamu dapat menemukan pemahaman yang lebih dalam tentang kecemasan, baik dari perspektif klinis, psikologis, maupun neurobiologis.sinpo

Komentar: