Masjid Istiqlal Gelar Rampak Bedug dan Pawai Obor

Oleh: Mufit
Selasa, 09 April 2024 | 16:06 WIB
Suasana masjid Istiqlal. (Foto/Mufit)
Suasana masjid Istiqlal. (Foto/Mufit)

BeritaNasional.com - Masjid Istiqlal menyiapkan rampak bedug, takbir nasional dan pawai obor saat malam takbiran malam ini, untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

Wakil Kepala Bidang Penyelenggara Peribadatan Masjid Istiqlal, Abu Hurairah menjelaskan, acara tersebut dibagi menjadi dua yaitu rampak bedug dan pawai obor.

"Ada dua acara, takbir nasional, rampak beduk di plaza Al-Fattah. Sebelumnya ada pelepasan pawai obor," kata Abu Hurairah kepada wartawan, Selasa (6/4/2024).

Untuk diketahui rampak bedug merupakan seni dengan menggunakan banyak bedug dan ditabuh secara serempak sehingga menghasilkan irama khas.

Dia menyebut dalam acara takbir nasional malam ini, Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar, akan memberikan sambutan dilanjutkan perwakilan dari Sarawak.

"Dari Sarawak semacam memberikan sambutan, diikuti ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri. Istiqlal bekerja sama dengan beberapa di masjid luar. Dilanjutkan rampak bedug, lalu takbir sampai sekitar pukul 22.00-22.30 WIB," ujarnya.

Sementara itu, kegiatan pawai obor ini pertama kali diadakan di Istiqlal dan difasilitasi Kementerian Agama. Sebanyak 200 orang berpartisipasi dalam pawai obor, bekerja sama dengan sejumlah masjid.

"Untuk menghidupkan tradisi. Dahulu kan ada bambu, pokoknya ada yang benar-benar obor, ada yang digital. Maknanya bukan di obornya tapi perayaan," terang Abu Hurairah.

Sampai saat ini belum dipastikan lokasi kegiatan pawai obor, apakah di sekitar masjid saja atau diperkenankan keluar. Penyelenggara masih menunggu izin dari pasukan pengamanan presiden.

"Karena malam takbiran itu pasukan pengamanan presiden mengambil alih, diizinkan keluar atau hanya di masjid," tuturnya.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: