Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Bakal Salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal

Oleh: Mufit
Selasa, 09 April 2024 | 16:30 WIB
Presiden Jokowi meninjau pelaksanaan mudik di stasiun Pasar Senen. (Foto/setkab)
Presiden Jokowi meninjau pelaksanaan mudik di stasiun Pasar Senen. (Foto/setkab)

BeritaNasional.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Negara Iriana melaksanakan salat Idul Fitri 2024 di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat. 

Wapres Ma'ruf Amin, para pejabat negara, hingga duta besar negara sahabat juga akan menunaikan salat Idul Fitri di Istiqlal mendampingi Presiden Jokowi.

Wakil Kepala Bidang Penyelenggara Peribadatan Masjid Istiqlal Abu Hurairah Abdul Salam membenarkan bahwa Presiden beserta pejabat negara tinggi lain akan melaksanakan salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal.

"Rencananya begitu," kata Abu Hurairah kepada wartawan di lokasi, Selasa (9/4/2024).

Lebih lanjut, dia menyebutkan pihaknya telah bekerja sama dengan Paspampres untuk mensterilkan lingkungan Masjid Istiqlal dalam waktu 24 jam.

Namun, menjelang salat Idul Fitri, biasanya sterilisasi akan dilakukan dua kali.

"Buka 24 jam, tapi biasanya ada sterilisasi yang dilakukan Paspampres, biasanya dua kali, tengah malam, dan menjelang salat Subuh," ucapnya.

Dalam Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah ini, Masjid Istiqlal mengusung tema Memperkuat Kebersamaan dalam Menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa.

Imam yang akan memimpin salat Idul Fitri besok adalah Ahmad Husni Ismail. Ahmad aktif sebagai sekretaris organisasi Ittihad Imam Masjid dan ASN di bawah Kementerian Agama (Kemenag).

Dia juga sering mengisi pengajian di sejumlah masjid di Jakarta. Sementara itu, Rais Pengurus Besar PBNU Abd A'la Basyir akan menjadi khatib.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: