Pilpres 2024

Alasan Prabowo Ingin Rangkul PDIP Pasca Pilpres 2024

Oleh: Ahda Bayhaqi
Sabtu, 13 April 2024 | 22:00 WIB
Prabowo Subianto. (Foto/Tim Prabowo).
Prabowo Subianto. (Foto/Tim Prabowo).

BeritaNasional.com - Pertemuan antara Ketua Umum Partai Gerindra dan Presiden terpilih Prabowo Subianto dengan Ketua Umum PDI Perjuangan sangat ditunggu-tunggu. Prabowo memang berupaya merangkul lawan politiknya, termasuk PDI Perjuangan.

Pengamat politik Ujang Komarudin memandang ada beberapa alasan kenapa Prabowo dan Gerindra membutuhkan PDI Perjuangan pada pemerintahannya di masa mendatang. Prabowo dinilai membutuhkan kekuatan PDIP sebagai pemenang pemilu.

"Kenapa Gerindra ingin merangkul PDIP ya karena Pak Prabowo paham betul bahwa PDIP itu pemenang pemilu, partai yang punya kekuatan besar di republik ini," ujar Ujang ketika dihubungi, Sabtu (13/4/2024).

PDI Perjuangan apabila menjadi oposisi bakal sulit dikendalikan. PDIP terkenal lincah dan galak saat menjadi oposisi ketika masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono.

"Kalau menjadi oposisi menjadi berbahaya, PDIP kalau menjadi oposisi itu lincah, tanda petik galak," kata Ujang.

Apabila PDIP menjadi koalisi pemerintahan Prabowo-Gibran mendatang, maka akan memegang kekuatan yang besar di legislatif dan juga eksekutif. Jalannya pemerintahan Prabowo-Gibran akan aman dan nyaman.

"Kalau PDIP bisa dirangkul masuk koalisi pemerintahan Prabowo-Gibran. Maka pemerintahan Prabowo-Gibran akan aman nyaman akan menjadi mayoritas di eksekutif dan legislatif," jelas Ujang.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: