Jelang Indonesia vs Australia di Piala Asia U-23, STY Lakukan Sejumlah Persiapan

Oleh: Tarmizi Hamdi
Kamis, 18 April 2024 | 17:20 WIB
Skuad Timnas Indonesia U-23. (Foto: Dok PSSI)
Skuad Timnas Indonesia U-23. (Foto: Dok PSSI)

BeritaNasional.com - Pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong (STY) berfokus menerapkan latihan taktik dan strategi kepada anak asuhnya untuk mempersiapkan diri menghadapi Australia pada laga kedua grup A Piala Asia U-23 musim 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Kamis (18/4).

"Memang satu hari setelah pertandingan melawan Qatar, kami fokus latihan pemulihan dan taktik. Kemudian untuk hari ini karena satu hari sebelum pertandingan, tidak bisa intensitas tinggi." kata STY yang dikutip dari laman PSSI pada Kamis (18/4).

Pelatih asal Korea Selatan tersebut  menaruh respek terhadap kekuatan Australia. Menurut dia, hasil imbang 0-0 yang didapatkan Ryan Teague dan kawan-kawan di laga pertama kontra Yordania U-23 tidak jadi ukuran kekuatan mereka yang sebenarnya.

"Performa Australia lebih baik daripada Yordania di laga itu. Tapi, memang mereka hanya tidak mencetak gol saja," ujar pelatih asal Korea Selatan.

Pada sisi lain, Shin Tae-yong juga terus berusaha membangkitkan mental para pemainnya setelah dikalahkan Qatar 2-0 di pertandingan sebelumnya. Pada laga itu, Indonesia juga beberapa kali dirugikan oleh keputusan wasit asal Tajikistan, Nasrullo Kabirov.

"Memang ada ketidakadilan di keputusan wasit (saat melawan Qatar), jadi pemain sangat down. Tapi karena nanti ada pertandingan lagi saya berusaha semaksimal mungkin untuk menghibur para pemain dan para pemain pun mendengarkan dan bisa latihan bekerja keras dengan baik," ucap Shin Tae-yong.

Tim U-23 Indonesia harus mengalahkan Australia untuk menjaga peluang lolos dari fase grup. Saat ini Garuda Muda menempati posisi empat klasemen Grup A.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: