Info Terkini soal Erupsi Gunung Ruang, BNPB: 11 Ribu Penduduk Mengungsi

Oleh: Panji Septo R
Kamis, 18 April 2024 | 16:45 WIB
Erupsi Gunung Ruang. (Foto: Dok BNPB)
Erupsi Gunung Ruang. (Foto: Dok BNPB)

BeritaNasional.com - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengatakan sekitar 11.614 penduduk harus mengungsi karena Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara (Sulut) berstatus awas.

"Warga yang saat ini mengungsi dari hitungan populasi statis berdasarkan rumah penduduk di sana paling tidak ada 11 ribu jiwa," ujar Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam kanal YouTube BNPB Indonesia, Kamis (18/4/2024).

Abdul mengatakan ada empat kapal untuk mengevakuasi warga di Pulau Tagulandang, yakni satu Kapal Perang RI (KRI), dua kapal ferry, dan satu kapal Basarnas.

"Jadi, paling tidak, ada empat kapal sudah pasti bisa mendukung. Tentu saja, Kepala BNPB akan meninjau langsung proses tanggap darurat dan evakuasi ke Sulut," tuturnya.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) secara resmi menaikkan status Gunung Ruang menjadi level IV atau awas pada Rabu (17/4/2024) pukul 21.00 WITA.

Peningkatan level tertinggi untuk status gunung api ini dilakukan setelah Gunung Ruang menunjukkan adanya aktivitas vulkanik yang terus meningkat.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: