Aung San Suu Kyi Jadi Tahanan Rumah

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Jumat, 19 April 2024 | 06:00 WIB
Aung San Suu Kyi dalam sebuah kesempatan (Foto/Instagram Daw Aung San Suu Kyi)
Aung San Suu Kyi dalam sebuah kesempatan (Foto/Instagram Daw Aung San Suu Kyi)

BeritaNasional.com - Tokoh demokrasi Myanmar Aung San Suu Kyi kini dipindahkan oleh junta militer dari penjara ke tahanan rumah karena alasan kesehatan. Rupanya gelombang panas yang melanda Asia Tenggara membuat kesehatan Aung San Suu Kyi terancam.

Pemindahan Aung San Suu Kyi ke tahanan rumah diputuskan bersamaan dengan amnesti bagi lebih dari 3.000 tahanan untuk menandai festival pergantian tahun Thingyan.

"Suu Kyi, 78, dan Win Myint, mantan presiden yang berusia 72 tahun, termasuk di antara tahanan lanjut usia dan berpenyakit yang dipindahkan ke luar penjara akibat gelombang panas," kata Juru Bicara Militer Zaw Min Tun.

Dikutip dari DW, Kamis (18/4/2024), menurut Departemen Meteorologi Myanmar, suhu rata-rata udara di basin Sungai Irrawady itu mencapai 39 derajat Celsius. Udara panas telah menyebar ke seluruh penjuru Asia Tenggara sejak beberapa pekan terakhir.

Suu Kyi sedang menjalankan vonis kurungan selama 27 tahun di penjara khusus di dekat Ibu Kota Naypyitaw. Adapun Win Myint dipidana delapan tahun penjara, setelah digulingkan dalam kudeta militer, Februari 2021.

Pemindahannya ke status tahanan rumah dilakukan ketika militer Myanmar menelan kekalahan demi kekalahan dari kelompok pemberontak etnis dan pro-demokrasi di wilayah perbatasan. Perlawanan di penjuru negeri dikoordinasikan Pemerintahan Kesatuan Nasional, NUG, yang dibentuk oleh pemerintahan resmi Myanmar hasil pemilu 2020.


 

 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: