Indonesia-China: Konflik Palestina Bisa Diselesaikan dengan Solusi 2 Negara

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Jumat, 19 April 2024 | 08:00 WIB
Suasana Yerusalem, Palestina (Foto/Pixabay)
Suasana Yerusalem, Palestina (Foto/Pixabay)

BeritaNasional.com - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, Indonesia dan China punya cara pandang yang sama dalam menyelesaikan konflik Palestina. Solusi dua negara Palestina dan Israel merupakan solusi terbaik dan adil. 

Dikutip dari VOA, baik China maupun Indonesia  menyerukan untuk segera dilakukan gencatan senjata di Gaza.

Retno juga menegaskan bahwa baik Jakarta maupun Beijing akan memberikan dukungan penuh terhadap keanggotaan penuh Palestina di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Hal ini menunjukkan komitmen kuat dari kedua negara untuk mendukung upaya perdamaian di wilayah tersebut.

“Kita juga memiliki pandangan yang sama mengenai pentingnya gencatan senjata di Gaza dan penyelesaian masalah Palestina secara adil melalui two state solution. Indonesia akan mendukung keanggotaan penuh di PBB. Stabilitas timur tengah tidak akan terwujud tanpa penyelesaian isu Palestina,” ujar Retno dalam jumpa pers bersama Menteri Luar Negeri China Wang Yi di Jakarta, Kamis (18/4/2024).

AS menyatakan bahwa resolusi terbaru tersebut tidaklah mengikat. Wang Yi menegaskan bahwa berdasarkan Piagam PBB, keputusan Dewan Keamanan (DK) PBB bersifat mengikat dan merupakan tanggung jawab bagi seluruh anggota DK PBB untuk mematuhinya.

Menurut Yi, sikap AS tersebut sekali lagi menunjukkan bahwa bagi mereka, hukum internasional hanyalah sebuah alat yang mereka gunakan sesuai dengan keinginan mereka sendiri.

Terkait dengan situasi yang memanas di Timur Tengah antara Iran dan Israel, Retno mengatakan Indonesia dan China memiliki pandangan yang serupa. Kedua negara sepakat bahwa penting bagi semua pihak untuk menahan diri dan mengurangi eskalasi konflik. Retno yakin bahwa China akan menggunakan pengaruhnya untuk mencegah terjadinya eskalasi lebih lanjut.
 

 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: