Laga Indonesia U-23 vs Australia U-23 Berakhir 1-0, Ernando Ari Jadi Pahlawan!

Oleh: Tarmizi Hamdi
Jumat, 19 April 2024 | 04:35 WIB
Kiper Timnas Indonesia U-23 Ernando Ari. (Foto/Instagram Ernando
Kiper Timnas Indonesia U-23 Ernando Ari. (Foto/Instagram Ernando

BeritaNasional.com - Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-23 mendapatkan kesuksesan besar setelah berhasil menundukkan Australia dengan skor 1-0 dalam pertandingan kedua grup A Piala Asia 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Kamis (18/4). 

Kemenangan gemilang tersebut membuka peluang lebar bagi Indonesia untuk lolos ke babak 8 besar. 

Komang Teguh sukses mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-45.

Sementara itu, Australia sangat sulit mencetak gol penyama kedudukan karena kegemilangan kiper Ernando Ari di bawah mistar gawang Garuda Muda Indonesia.

Kiper Persebaya Surabaya tersebut dapat dikatakan sebagai pahlawan dalam pertandingan itu. Bukan tanpa sebab, anak asuh pelatih Shin Tae-yong itu berhasil berkali-kali menggagalkan sejumlah peluang emas Australia, termasuk tendangan penalti Toure.

Mulanya, Australia mendapatkan hadiah penalti di menit ke-23 usai Komang Teguh dianggap melakukan handball di kotak penalti.

Wasit Majed Mohammed Al Shamrani yang memimpin laga kemudian melakukan konsultasi dengan wasit VAR. Setelah itu Al Shamrani menuju pinggir lapangan untuk melihat tayangan ulang lewat monitor VAR. 

Usai melakukan pemantauan, Al Shamrani lalu memutuskan menunjuk titik putih bagi Australia. Toure lalu maju sebagai eksekutor penalti bagi Timnas Australia dan mengarahkan ke kanan gawang Indonesia yang dijaga oleh Ernando.

Namun, Ernando bermain gemilang karena bisa menebak tembakan penalti dengan baik. Ia melompat ke arah bola datang dan bisa menepis bola. Skor pun masih 0-0 tak berubah untuk Australia.

 

"Alhamdulillah, kami meraih kemenangan penting hari ini melawan Australia. Kunci kemenangan adalah kerja keras semua pemain serta terima kasih atas doa dan dukungannya kepada kami," kata Ernando seusai laga pada Kamis (18/4).

Senada dengan Ernando, gelandang Marselino Ferdinan juga tidak bisa menyembunyikan kegembiraannya.

"Terima kasih untuk seluruh tim, suporter dan semuanya yang telah mendoakan dan mendukung kami. Terimakasih juga untuk Ernando yang sangat luar biasa pada laga ini. Selanjutnya kita fokus untuk laga melawan Yordania dan optimistis meraih hasil terbaik," kata Marselino.

Kemenangan ini membuat Indonesia menempati posisi kedua klasemen sementara usai mengoleksi tiga poin. Indonesia akan menghadapi Yordania pada laga pemungkas yang dilangsungkan Minggu (21/4).sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: