Hari Kartini, Jumlah Pelaku Usaha Perempuan Terus Meningkat di Tokopedia

Oleh: Imantoko Kurniadi
Minggu, 21 April 2024 | 14:09 WIB
Ilustrasi UMKM perempuan. (Foto/Freepik)
Ilustrasi UMKM perempuan. (Foto/Freepik)

BeritaNasional.com - Hari Kartini 2024, Tokopedia dan TikTok membeberkan data pelaku usaha perempuan, yang disebut-sebut terus mengalami peningkatan.

Ecommerce yang identik berwarna hijau itu pun mengaku terus memberdayakan perempuan pelaku UMKM dan membantu pelaku usaha maju dengan pemanfaatan teknologi.

“Peran UMKM sangat penting dalam pembangunan ekonomi nasional. Di Tokopedia dan Shop | Tokopedia pada aplikasi TikTok, sudah ada lebih dari 21 juta penjual dan hampir 100% pelaku UMKM lokal, termasuk perempuan pelaku UMKM yang memiliki bisnis ramah lingkungan,” jelas Communications Senior Lead Tokopedia, Antonia Adega, dikutip dari keteranganya, Minggu (21/4/2024).

“Di Tokopedia, jumlah perempuan pelaku usaha yang memulai bisnis selama pandemi meningkat 1,5 kali lipat lebih tinggi dibanding laki-laki (Riset LPEM FEB UI 2020)," ucapnya lebih lanjut.

Selain itu, selama 2023 (paska pandemi) dibandingkan 2020 (pandemi), Palembang, Tangerang, Surabaya, Makassar dan Denpasar merupakan beberapa wilayah dengan kenaikan tertinggi jumlah perempuan pelaku usaha, dengan rata-rata kenaikan lebih dari 2,5 kali lipat. 

"Artinya, keterlibatan perempuan di sektor kewirausahaan, dalam hal ini melalui Tokopedia, makin meningkat dari waktu ke waktu,” tandas Antonia.
 sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: