Piala Asia U-23 2024

Erick Thohir Sebut Nyali Timnas Indonesia U-23 Makin Kuat, Berharap Lolos ke Olimpiade 2024

Oleh: Tim Redaksi
Senin, 22 April 2024 | 15:05 WIB
Timnas Indonesia U-23. (Foto/PSSI).
Timnas Indonesia U-23. (Foto/PSSI).

BeritaNasional.com - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir menilai nyali Timnas Indonesia U-23 semakin kuat usai melewati babak penyisihan grup dan lolos ke babak perempat final Piala Asia U-23 2024.  Timnas Indonesia U-23 bakal menghadapi juara grup B yang akan ditempati oleh Korea Selatan atau Jepang.

Erick bilang, nyali tinggi para pemain, menurutnya membuat para pemain tampil tanpa beban, permainan berkelas dan terus menekan sehingga menghasilkan kemenangan menang bagi Timnas Indonesia U-23.

"Ini bukti, kita bisa. Saya harap nyali ini terus naik di babak berikutnya karena lawan semakin kuat. Ini jadi motivasi untuk target berikutnya, lolos Olimpiade. Semoga," kata Erick Thohir sebagaimana dilansir dari laman PSSI, Senin (22/4/2024).

Tim U-23 Indonesia mengukir prestasi gemilang di Piala Asia U-23, Qatar. Dalam laga penentuan Grup A, Marselino Ferdinan cs menundukkan Jordania dengan skor 4-1 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Minggu (21/4/2024).

Garuda muda yang bermain sangat tenang, efektif, dan trengginas dalam menghadang ambisi Jordania yang sama-sama mengincar kemenangan agar lolos dari penyisihan grup, unggul langsung, 2-0 di babak pertama. Sempat menambah gol menjadi, 3-0, Indonesia menutup laga dengan skor, 4-1.

Dikatakan Erick, secara grafik permainan dan mental para penggawa muda Skuad Garuda Muda pasca mengalami kekalahan oleh Qatar terus mengalami kenaikan. Ia pun memuji tangan dingin pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong dalam meracik startegi bagi Timnas Indonesia U-23.

"Saya nilai grafik permainan dan mental para pemain terus naik sejak kalah dari Qatar, meskipun kita main luar biasa saat itu dengan sembilan pemain. Mereka tidak menyerah saat mendapat tekanan. Saya salut atas strategi pelatih Shin Tae Yong yang mampu meramu sehingga permainan tim benar-benar baik. Ini bagus dan modal utama karena perjuangan masih panjang. Doakan dan terus dukung timnas," ungkap Erick.

Lebih jauh, Erick kemudian menceritakan bahwa ada perjuangan keras di balik sejarah yang diciptakan oleh Timnas Indonesia U-23 lolos ke babak perempat final. Misalnya menghentikan sementara Liga 1 hingga pemusatan latihan sebelum Piala Asia U-23 dilaksanakan.

"Upaya besar kita benar-benar membuahkan hasil. Banyak kerja keras dan nyata yang kita lakukan bersama. Mulai dari hentikan Liga, pendekatan ke klub-klub luar negeri agar mau melepaskan pemain kita, dan belum lagi drama wasit di laga pertama melawan Qatar. Alhamdulillah. Hasil tidak akan jauh dari usaha keras bersama,"  tandasnya.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: