Piala Asia U-23 2024

Bungkam Korsel Lewat Adu Penalti, Timnas Indonesia ke Semifinal Piala Asia U-23

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Jumat, 26 April 2024 | 04:08 WIB
Timnas Indonesia. (Foto/PSSI)
Timnas Indonesia. (Foto/PSSI)

BeritaNasional.com - Timnas Indonesia U-23 berhasil meraih kemenangan dari Timnas Korea Selatan dan memastikan tiket pada semifinal Piala Asia U-23 2024. Skuad garuda muda menang lewat drama adu penalti dengan skor 11-10 dari Korea Selatan.

Bermain di Stadion Abdullah bin Khalifa, Jumat (26/4/2024) dini hari WIB, Indonesia kebobolan di menit ke-8. 

Gol bermula dari situasi bola mati, sapuan yang tak sempurna dari lini belakang Garuda Muda membuat bola mengarah kepada Lee di luar kotak penalti.

Lee tembakan jarak jauh ke sudut kiri gawang untuk menaklukkan Ernando Ari. Namun gol tersebut dianulir karena offside setelah wasit mengecek VAR terlebih dahulu.

Tak mau kalah, Indonesia kemudian mencoba keluar dari serangan. Bahkan, anak asuh Shin Tae-yong itu membuka keunggulan pada menit ke-15 lewat sepakan Rafael Struick dari luar kota penalti mengarah ke pojok kiri gawang Korea Selatan. Skor pun berubah menjadi 1-0 keunggulan bagi Indonesia.

Unggul dari Korea Selatan, Rizky Ridho Cs percaya diri menguasai bola. Beberapa kali Indonesia mengancam gawang Korea Selatan yang dijaga oleh Baek Jong-Beom.

Pada menit ke-30, Merah Putih hampir menggandakan keunggulan lewat skema kerjasama antara Marselino dan Rafael Struick. Hanya saja, sepakan Marselino masih melebar di sebelah kiri gawang Korea Setalan.

Di sisa akhir babak pertama, Timnas Korea Selatan terus menekan lini pertahanan Indonesia. Setelah beberapa kali menekan akhirnya Korea Selatan bisa menjebol gawang Ernando.

Sundulan Eom Ji Sung mengenai kepala Komang Teguh dan bola masuk ke gawang Indonesia. Skor 1-1.

Kedudukan imbang 1-1 tidak bertahan lama. Saat memasuki injury time, Ivar Jenner memberikan umpan jauh kepasa Rafael Struick. 

Rafael jeli bergerak di kotak penalti mengejar bola sekaligus mengelabui pemain lawan sebelum melesakkan bola ke gawang Korea Selatan. Skor berubah menjadi 2-1 keunggulan Indonesia sekaligus menutup babak pertama.

Babak kedua, Korea Selatan langsung mengambil inisiatif serangan. Taegeuk Warriors—julukan Korsel—memberikan tekanan bagi lini belakang Indonesia yang digawangi Justin Hubner.

Jual beli serangan antara Indonesia dan Korea Selatan terjadi. Tempo pertandingan pun berjalan dengan cepat. Indonesia kembali menciptakan peluang yang mengancam gawang Korea Selatan.

Lewat serangan yang dibangun Nathan Tjoe-A-On, sepakan melengkung dari Rafael Struick di menit ke-56 masih tipis di atas mistar gawang Korea Selatan.

Petaka bagi Korea Selatan hadir di menit ke-68 Young Jun dihadiahi kartu merah oleh wasit Shaun Evans. Hal ini membuat Korea Selatan hanya bermain dengan 10 orang saja.

Walau bermain dengan 10 pemain, pada menit ke-83 melalui skema serangan balik Jeong Sang-Bin merobek jala Ernando. Skor imbang 2-2.

Pertandingan berjalan dengan tensi tinggi. Hingga Pelatih Korea Hwang Sun Hong diusir wasit pada masa injury time babak kedua. Sampai waktu normal berakhir, skor 2-2 bertahan dan laga harus berlanjut ke extra time.

Extra Time

Di babak perpanjangan waktu, Indonesia langsung menekan sejak awal dan mengancam melalui sepakan Witan. Tapi sayang masih membentur Rizky Ridho sehingga bola keluar dari lapangan permainan.

Sampai wasit meniup peluit perpanjangan waktu babak pertama tak ada gol tercipta. Skor pun masih imbang 2-2.

Perpanjangan waktu kedua, Shin Tae-yong melakukan beberapa pergantian. Ia memasukan Ramadhan Santa untuk menggantikan Witan.

Pergantian ini sedikit memberikan dampak positif. Serangan bertubi-tubi dilakukan Marselino dan kawan-kawan. Tercatat dua kali Ramadhan Sananta mengancam gawang Korea Selatan lewat sundulan, namun belum ada yang mengarah ke gawang.

Perpanjangan waktu kedua juga tak ada gol yang tercipta. Skor masih imbang 2-2 dan berlanjut ke babak adu penalti.

Berikut hasil adu penalti

Kim Min-woo (gol), Ramadhan Sananta (gol)

Lee Kang-hee (gol), Pratama Arhan (gol)

Jae Won Hwang (gol), Rafael Struick (gol)

Sang-hoon Paik (gol), Marselino Ferdinan (gol)

Byun Jun Soo (gol), Justin Hubner (gol).

Kang Sang-yoon (gagal), Arkhan Fikri (gagal)

Jeong Sang-bin (gol), Kelly Sroyer (gol)

Hong Yun-sang (gol), Rizky Ridho (gol)

Cho Hyun-taek (gol), Muhammad Ferarri (gol)

Baek Jong-bum (gol), Ernando Ari (gol)

Kim Min-woo (gol), Ramadhan Sananta (gol)

Lee Kang-hee (gagal), Pratama Arhan (gol)sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: