Piala Asia U-23 2024

Diwarnai Keputusan Kontroversi Wasit, Timnas Indonesia U-23 Kalah dari Uzbekistan 0-2

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Senin, 29 April 2024 | 23:33 WIB
Timnas Indonesia U-23. (Foto/AFC).
Timnas Indonesia U-23. (Foto/AFC).

BeritaNasional.com - Timnas Indonesia U-23 gagal lolos ke babak final Piala Asia U-23. Hasil tersebut usai garuda muda dikalahkan Uzbekistan 0-2 di babak semifinal.

Pertandingan Indonesia vs Uzbekistan U-23 berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, pada Senin (29/4/2024) malam WIB. 

Sejak menit awal Timnas Indonesia lebih banyak berada di bawah tekanan Uzbekistan. Bahkan, Uzbekistan bermain nyaman dengan memperagakan umpan-umpan pendek.

Semisalnya di menit ke-13, Uzbekistan menciptakan peluang emas usai terobosan Ulugbek Khoshimov bisa disambut tembakan Alisher Odilov. Hanya saja tembakan keras bisa diblok dengan baik oleh Ernando Ari.

Usai 20 menit laga berjalan, anak asuh Shin Tae-yong mencoba keluar dari tekanan Uzbekistan. Beberapa kali melontarkan umpan jarak jauh, tapi digagalkan oleh lini pertahanan Uzbekistan.

Pada menit ke-26, Witan melakukan solo run sehingga terpaksa dilanggar oleh Abdukodir Khusanov. Wasit Shen Yinhao memutuskan tendangan bebas di luar kotak penalti.

Namun wasit Shen Yinhao lalu melihat monitor VAR di pinggir lapangan. Usai melihat VAR, wasit Shen Yinhao malah memutuskan tidak ada pelanggaran. Tendangan bebas untuk Garuda Muda jadinya dibatalkan.

Sementara, peluang Timnas Indonesia hanya diciptakan lemparan ke dalam Pratama Arhan. Tapi hal itu bisa diantisipasi dengan baik oleh lini belakang Uzbekistan.

Menutup babak pertama skor pun berakhir sama kuat imbang 0-0.

Di babak kedua lagi-lagi Indonesia berada di bawah tekanan Uzbekistan. Beberapa kali para pemain Uzbekistan mengancam gawang Ernando Ari.

Sejatinya, Timnas Indonesia U-23 berhasil unggul 1-0 atas Uzbekistan pada menit ke-61 lewat gol Muhammad Ferarri tapi dibatalkan VAR.

Wasit Shen Yinhao lagi-lagi mengecek layar VAR pasca Ferarri mencetak gol. Sampai akhirnya ia menganulir gol tersebut dikarenakan Ramadhan Sananta dianggap dalam posisi offside.

Pasca keputusan tersebut, Timnas Indonesia berada di bawah tekanan Uzbekistan kembali.  Hasilnya pada menit ke-68 Indonesia harus merasakan kebobolan dari Uzbekistan.

Gol diciptakan oleh penyerang Uzbekistan Norchaev Khusayin melalui tembakan kaki kiri setelah menerima umpan silang dari Muhammadkodir Khamraliev. Skor pun 1-0 keunggulan bagi Uzbekistan.

Dalam laga ini, lagi-lagi Wasit Shen Yinhao mengeluarkan keputusan kontroversi di menit ke-84. Rizky Ridho harus mandi lebih cepat karena dianggap melakukan pelanggaran keras.

Rizky Ridho dianggap melakukan pelanggaran keras terhadap Jasurbek Jaloliddinov saat membuang bola. Padahal laga sedang berjalan dan wasit menghentikan sementara untuk melihat layar VAR.

Dari hasil VAR, Shen Yinhao mengeluarkan kartu merah dari sakunya kepada Rizky Ridho.  Indonesia pun harus bermain dengan 10 orang. 

Timnas Indonesia U-23 semakin ditekan Uzbekistan. Bahkan, setelah Rizky Ridho diusir keluar, Uzbekistan bisa menambah keunggulan menjadi 2-0 di menit ke-86.

Gol kedua Uzbekistan lahir dari gol bunuh diri setelah Pratama Arhan berusaha membuang bola malah mengirim bola ke dalam gawang Ernando. Skor pun berubah menjadi 2-0 keunggulan Uzbekistan.

Hingga akhir babak kedua, waktu tak ada lagi gol yang bisa tercipta. Skor pun 2-0 bagi Uzbekistan dan memastikan mereka masuk ke babak final.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: