Piala Asia U-23 2024

Kalah dari Uzbekistan, Peluang Indonesia Lolos Olimpiade Masih Terbuka

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Selasa, 30 April 2024 | 00:10 WIB
Timnas Indonesia U-23. (Foto/AFC).
Timnas Indonesia U-23. (Foto/AFC).

BeritaNasional.com - Timnas Indonesia U-23 harus kalah dari Uzbekistan di babak semifinal Piala Asia U-23 2024. Kekalahan ini belum menutup peluang Garuda Muda untuk berlaga di Olimpiade Paris 2024 mendatang.

Bermain di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, pada Senin (29/4/2024) malam WIB, Indonesia harus kalah dengan skor 0-2 dari Uzbekistan. Sejatinya pertandingan berjalan menarik, tapi ada keputusan kontroversi wasit yang mengubah hasil pertandingan.

Indonesia bahkan sempat mencetak gol lebih dahulu melalui sepakan Muhammad Ferarri di menit ke-61. Namun gol tersebut dianulis oleh wasit Shen Yinhao karena Ramadhan Sananta dianggap dalam posisi offiside. Keputusan itu setelah sang pengadil melakukan pengamatan dalam layar VAR.

Pasca gol Ferrai tak disahkan oleh wasit, Garuda Muda kehilangan taji. Ya, Timnas Indonesia U-23 harus kebobolan oleh Norchaev Khusayin melalui tembakan kaki kiri setelah menerima umpan silang dari Muhammadkodir Khamraliev. Skor 1-0 kenggulan bagi Uzbekistan.

lagi-lagi Wasit Shen Yinhao mengeluarkan keputusan kontroversi di menit ke-84. Rizky Ridho harus mandi lebih cepat karena dianggap melakukan pelanggaran keras.

Rizky Ridho dianggap melakukan pelanggaran keras terhadap Jasurbek Jaloliddinov saat membuang bola. Padahal laga sedang berjalan dan wasit menghentikan sementara untuk melihat layar VAR.

Dari hasil VAR, Shen Yinhao mengeluarkan kartu merah dari sakunya kepada Rizky Ridho.  Indonesia pun harus bermain dengan 10 orang. 

Timnas Indonesia U-23 semakin ditekan Uzbekistan. Bahkan, setelah Rizky Ridho diusir keluar, Uzbekistan bisa menambah keunggulan menjadi 2-0 di menit ke-86. Gol kedua Uzbekistan lahir dari gol bunuh diri setelah Pratama Arhan berusaha membuang bola malah mengirim bola ke dalam gawang Ernando. Skor pun berubah menjadi 2-0 keunggulan Uzbekistan.

Meski begitu, peluang Indonesia untuk lolos ke Olimpiade Paris 2024 masih terbuka. Jalur berikutnya adalah Timnas Indonesia harus bisa merebut posisi ketiga di Piala Asia U-23 ini.

Untuk calon lawan Timnas Indonesia di perebutan tempat ketiga Piala Asia U-23 antara Jepang dan Irak. Keduanya baru akan bertanding pasca laga Indonesia vs Uzbekistan.
 sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: