Kabar Terkini, Gunung Ruang Berstatus Awas Level IV

Oleh: Tarmizi Hamdi
Selasa, 30 April 2024 | 10:15 WIB
Erupsi Gunung Ruang. (Foto: Dok BNPB)
Erupsi Gunung Ruang. (Foto: Dok BNPB)

BeritaNasional.com - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengabarkan kondisi terkini aktivitas vulkanik Gunung Ruang di Pulau Ruang, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara, pada Selasa (30/4).

Berdasarkan pengamatan visual hari ini, gunung tersebut kembali mengalami erupsi dan gempa secara terus-menerus.

Dilansir dari situs resminya, PVMBG mengumumkan Gunung Ruang berstatus awas level IV setelah kembali erupsi pada hari ini pukul 01.15 WITA.

‘’Pada 29 April 2024 periode 00.00-24.00 WITA, tercatat 15 kali gempa guguran, 237 kali gempa vulkanik Dangkal, 425 kali gempa vulkanik Dalam, 15 kali gempa tektonik lokal, dan 6 kali gempa tektonik jauh. Pada periode ini terjadi kembali peningkatan kegempaan di G. Ruang terutama pada jumlah gempa vulkanik dalam,’’ tulis PVMBG yang dikutip pada Selasa (30/4).  

Gempa terasa intens terjadi dari pukul 00.15 WITA sampai terjadinya erupsi pukul 01.15 WITA dan terus berlangsung intens sampai surat kenaikan status ini dibuat. 

Erupsi terjadi pada pukul 01.15 WITA dengan kolom erupsi kurang lebih 2.000 meter disertai dengan suara gemuruh dan gempa terasa yang intens.

PVMBG meminta masyarakat di sekitar Gunung Ruang tidak memasuki wilayah radius 7 kilometer dari pusat kawah aktif 

‘’Masyarakat yang bermukim pada wilayah Pulau Tagulandang yang masuk dalam radius 6 km agar segera dievakuasi ke tempat aman di luar radius 6 km,’’ tulisnya.

Masyarakat di Pulau Tagulandang, khususnya yang bermukim di dekat pantai, agar mewaspadai potensi lontaran batuan pijar, luruhan awan panas (surge), dan dan tsunami akibat material erupsi yang masuk ke laut/runtuhnya tubuh gunungapi ke dalam laut.

‘’Masyarakat dihimbau untuk selalu menggunakan masker, untuk menghindari paparan abu vulkanik yang dapat mengganggu sistem pernafasan,’’ ungkapnya.

Pemerintah Daerah serta BPBD Provinsi dan Kabupaten terus berkoordinasi dengan Pos Pengamatan Gunungapi Ruang, Desa Tulusan, Kecamatan Tagulandang, Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara atau Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Becana Geologi di Bandung.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: