BPBD Bakal Ungsikan Ribuan Jiwa, Imbas Erupsi Gunung Ruang

Oleh: Panji Septo R
Kamis, 02 Mei 2024 | 16:39 WIB
Erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara. (Foto/X  Infomitigasi)
Erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara. (Foto/X Infomitigasi)

BeritaNasional.com - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen TNI Suharyanto, mengatakan pihaknya akan mengungsikan belasan ribu masyarakat yang berpotensi menghadapi bahaya erupsi Gunung Ruang.

Dalam rapat koordinasi penanganan bencana erupsi Gunung Ruang, Suharyanto mengaku tidak bisa mengambil risiko.

Oleh sebab itu, dia meminta semua pihak bekerja sama.

"Kami catat setidaknya ada 9-12 ribu masyarakat dalam radius tujuh kilometer persegi yang harus diungsikan," ujar Suharyanto di Kantor Gubernur Sulawesi Utara, Kamis (2/5/2024). 

Suharyanto juga menyoroti paparan Kepala Pusat Vulkanologi Bencana dan Mitigasi Geologi (PVMBG), Hendra Gunawan, yang mengungkap bahaya erupsi gunung yang berlokasi di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara itu.

Di antaranya terkait cepatnya aktivitas erupsi Gunung Ruang yang bergerak dalam hitungan jam, hingga radius erupsi dan lemparan batu mencapai 6-7 Kilometer dari Kepulauan Sitaro.

"Dari yang disampaikan Pak Hendra, berarti kita kan sepakat semua bahwa karena statusnya sudah paling tinggi kita tidak bisa ambil risiko. SOP yang sudah ditetapkan ketika gunung itu jadi awas harus kita ikuti semua," tuturnya.

Hingga saat ini, Suharyanto mencatat ada 3364 jiwa yang mengungsi akibat erupsi Gunung Ruang yang masih berstatus awas sampai sekarang.

Dirinya meminta daerah-daerah yang turut membantu mengevakuasi dan menerima masyarakat bisa seperti Sangihe, Minahasa Utara, Kota Manado, Kota Bitung turut menetapkan status siaga darurat. 

"Mohon bupati walikota gubernur, karena sudah lebih dari 2 kabupaten kota yang menetapkan status, provinsi bisa menetapkan siaga darurat sehingga pengerahan sumber daya bisa maksimal," kata dia.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: