Hamas akan Hentikan Negosiasi Gencatan Senjata jika Israel Serang Rafah

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Kamis, 02 Mei 2024 | 23:00 WIB
Israel terus gempur Palestina (Foto/Inst Gaza Now)
Israel terus gempur Palestina (Foto/Inst Gaza Now)

BeritaNasional.com - Gerakan Perlawanan Islam Palestina (Hamas) pada Rabu (1/5/2024) menyatakan negosiasi gencatan senjata dengan Israel akan ditangguhkan jika Israel menyerang Kota Rafah di Jalur Gaza selatan.

Dalam wawancara dengan stasiun TV al-Manar yang berbasis di Lebanon, Osama Hamdan, seorang pejabat senior Hamas mengatakan, pihaknya akan menghentikan semua negosiasi tidak langsung dengan Israel jika Israel melancarkan operasi militer terhadap Rafah.

"Israel berupaya memeras semua pihak lewat ancamannya untuk menyerang Rafah," ujar pejabat Hamas. Ia menekankan gerakan perlawanan (Hamas) masih memiliki kekuatan untuk membela rakyat.

Hamdan mengatakan, pemimpin Hamas Yahya Sinwar dan sayap militer Hamas Brigade Al-Qassam tetap menjalin kontak dengan faksi politik Hamas, serta telah mengantongi informasi perihal situasi yang sedang berlangsung di lapangan.

Dikutip dari Antara, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menuturkan bahwa Israel akan memasuki Rafah dan menumpas batalion-batalion Hamas "dengan atau tanpa" kesepakatan dengan Hamas.  sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: