Begini Peran 5 Tersangka Pembuat Tembakau Sintetis di Sentul

Oleh: Mufit
Kamis, 02 Mei 2024 | 22:33 WIB
llustrasi narkotika. (Foto/Pixabay).
llustrasi narkotika. (Foto/Pixabay).

BeritaNasional.com - Polda Metro Jaya menjelaskan lima orang yang sudah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus pengungkapan sebuah home industri atau pabrik pembuat tembakau sintetis di perumahan elite kawasan Sentul, Bogor, Jawa Barat. 

Wakapolda Metro Jaya Brigjen Suyudi Ario Seto mengatakan, lima tersangka tersebut memiliki peran masing-masing yakni satu orang pengendali berinisial F, dua orang peracik berinisial S dan H, pria B sebagai penjaga gudang dan pria GBH sebagai kurir atau reseller.

"Kelimanya kini sudah ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan," kata Suyudi kepada wartawan, Kamis (1/5/2024).

Akibat kasus tersebut, mereka dijerat dengan Pasal 113 ayat 2 subsider Pasal 114 ayat 2 subsider Pasal 112 ayat 2 jo Pasal 132 ayat 2 Undang-Undang RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman maksimal seumur hidup atau 20 tahun penjara.

Suyudi menyebut mereka sudah enam bulan menjalankan bisnis barang haram tersebut dan edar melalui via online.

Belum diketahui berapa keuntungan atau omzet yang di dapat oleh komplotan itu selama menjalankan bisnis haram tersebut. Namun, Suyudi mengatakan, pengungkapan kasus tersebut bisa menyelamatkan 105 ribu jiwa.

Sebelumnya, pengungkapan kasus ini berawal dari pengembangan kasus penangkapan pembeli dan pengedar narkoba di kawasan BSD, Tangerang Selatan, berinisial G dan B.

Setelah didalami, polisi menemukan fakta bahwa terdapat rumah yang dijadikan laboratorium narkoba di Komplek Perumahan Mountain View Sentul City, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Diketahui, Hal ini merupakan kasus pertama kali di Indonesia.

Kemudian, polisi melakukan penggerebekan rumah produksi tersebut pada Minggu (28/4/2024). Dari penggerebekan tersebut, polisi berhasil mengamankan sejumlah tersangka yang berperan mulai dari pengendali serta pemodal, dua tukang racik, penjaga gudang, dan kurir, serta bahan-bahan dan peralatan-peralatan yang diduga untuk membuat tembakau sintetis.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: