Jadwal Timnas Indonesia U-23 vs Guinea U-23 di Babak Playoff Olimpiade 2024

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Selasa, 07 Mei 2024 | 14:06 WIB
Timnas Indonesia U-23. (Foto/PSSI)
Timnas Indonesia U-23. (Foto/PSSI)

BeritaNasional.com - Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi Guinea U-23 dalam babak playoff Olimpiade Paris 2024. Sebagaimana dilihat dilaman fifa.com, Pertandingan akan berlangsung pada hari Kamis (9/5/2024) pukul 20.00 WIB di Clairefontaine, Prancis.

Laga ini bisa dibilang sebagai penentu jalan terakhir bagi Indonesia untuk bisa bermain di Olimpiade Paris 2024. Untuk itulah kemenangan mutlak bagi skuad Garuda Muda bisa mengunci tiket Olimpiade.

Sebab, hanya sang pemenanglah yang bisa berlaga di Olimpiade Paris dan berada di Grup A bersaing dengan Prancis, Amerika Serikat dan Selandia Baru.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memanggil sejumlah pemain untuk bisa memperkuat Timnas Indonesia. Semisalnya, pemain yang sehabis dipinjamkan ke Bristol Rovers dari Ipswich Town yaitu Elkan Baggott.

Shin Tae-yong juga masih berharap Justin Hubner bisa bermain meskipun sudah kembali ke klubnya yakni Cerezon Osaka pasca Piala Asia U-23 2024 kemarin.

Sementara, ,Alfeandra Dewangga juga disiapkan untuk menyusul ke Prancis. Pemain asal PSIS ini jadi salah satu opsi untuk menggantikan peran Rizky Ridho yang absen karena kartu merah pada laga Piala Asia U-23 2024 lalu.

Di sisi lain, Timnas Guinea U-23 memanggil banyak pemain yang bermain dari eropa. Bisa dibilang Guinea tak main-main saat menghadapi merah putih.

Sebagaimana dilihat dalam unggahan Joueurs Guineens dalam akun media sosial X, ada empat pemain senior yang dipanggil untuk memperkuat timnas U-23 Guinea.

Mereka adalah Ilaix Moriba, Saidou Sow, Facinet Conte dan Ibrahim Diakite. Keempat pemain tersebut berusia masih di bawah 23 tahun namun sudah bermain di kategori senior.

“Mereka akan bersama timnas U-23 untuk laga play-off melawan Indonesia,” tulis Joueurs Guineens.

Untuk Ilaix Moriba ia turut malang melintang bermain di kompetisi Eropa. Ia adalah pemain jebolan dari akademi Barcelona yakni La Masia dan seangkatan dengan Alejandro Balde serta Ansu Fati yang kini jadi andalan Blaugrana.

Moriba pernah masuk ke jajaran skuad inti Barcelona pada musim 2020/2021. Sebelum akhirnya ia berpetualang ke Valencia, dan raksasa Bundesliga RB Leipzig. Namun, Moriba dipinjamkan ke klub La Liga Getafe.

Sementara untuk Saidou Sow adalah pemain yang berkarir di Ligue 1 Prancis dengan berseragam RC Strasbourg. Lalu  Facinet Conte bermain di SC Bastia yang berlaga di Ligue 2 Prancis.

Pemain lainnya adalah Ibrahim Diakite yang kini merumput di Stade Lausanne. Ia pernah pernah jadi pemain KAS Eupen di Liga Belgia pada 2022.

Berikut Jadwal playoff Olimpiade 2024 Indonesia vs Guinea

Tanggal: Kamis, 9 Mei 2024

Waktu kick-off: 20:00 WIB

Venue: Clairefontaine, Perancissinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: