126 Orang Tewas Akibat Banjir Brasil

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Sabtu, 11 Mei 2024 | 13:35 WIB
Banjir di Brasil (Foto/CNN World)
Banjir di Brasil (Foto/CNN World)

BeritaNasional.com - Hujan kembali mengguyur negara bagian Rio Grande do Sul pada Jumat (10/5/2024). Akibat hujan badai dan banjir bandang, korban tewas terus merangkak naik di negara bagian paling selatan Brazil mencapai 126 orang. 

Menurut otoritas setempat, jumlah korban tewas itu naik dari 113 orang pada hari sebelumnya.

Pertahanan sipil Brazil mengatakan, badai dan banjir yang melanda negara bagian itu, yang dihuni sekitar 10,9 juta orang, juga telah menyebabkan hampir 340.000 orang mengungsi, sedangkan 141 orang lainnya masih belum ditemukan.

Hujan deras telah menyebabkan debit air beberapa sungai dan danau di wilayah tersebut mencapai titik tertingginya. Selain itu, banjir menutup jalan-jalan dan mengganggu logistik, sehingga memicu kekurangan barang-barang penting di wilayah tertentu.

Dikutip dari Antara, Sabtu (11/5/2024), hampir dua juta orang telah terkena dampaknya sejauh ini.

Dinas ramalan cuaca MetSul mengatakan, sebagian besar kota di Rio Grande do Sul akan mengalami hujan pada Jumat. MetSul menambahkan bahwa ada risiko tinggi terjadinya badai. Mereka harus bertahan hingga Senin, tambah dinas itu dalam sebuah pernyataan.

Para ilmuwan setempat yakin pola itu semakin intensif akibat perubahan iklim.

Di Canoas, salah satu kota yang terkena dampak paling parah di dekat ibu kota negara bagian Porto Alegre, lebih dari 6.000 orang tinggal di gimnasium milik perguruan tinggi yang diubah menjadi tempat penampungan.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: