Haji 2024

Pesan Menag ke Jemaah Haji Indonesia: Jaga Kesehatan dan Luruskan Niat Ibadah

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Minggu, 12 Mei 2024 | 13:00 WIB
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. (Foto/Kemenag.go.id).
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. (Foto/Kemenag.go.id).

BeritaNasional.com - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan pesan kepada jemaah haji Indonesia yang akan berangkat ke Tanah Suci. Ia berharap para jemaah haji senantiasa menjaga kesehatan saat melaksanakan ibadah tersebut.

Apalagi, menurut Yaqut saat ini cuaca di Arab Saudi sudah mulai panas dan mencapai 40 derajat. Untuk itulah, penting sekali menjaga stamina fisik bagi para jemaah haji.

“Saya harus sampaikan kepada jemaah, cuaca sudah mulai panas di sana. Kalau kemarin saya pulang, sekitar 40 derajat. Jadi, panas sekali dan itu belum puncak. Saya berharap agar jemaah terus menjaga staminanya,” kata Yaqut sebagaimana dilihat dari laman resmi Kemenag, Minggu (12/5/2024).

“Menjaga kesehatan fisiknya, karena kita tahu haji ini pada fisik. Jadi, dihemat energinya, banyak minum vitamin," lanjutnya.

Tak kalah penting, lanjut dia, adalah para jemaaah harus bisa meluruskan niat untuk melaksanakan ibadah Haji. Sehingga, Yaqut menekankan menjaga niat sanagtlah penting demi kelancaran ibadah haji. 

"Dan yang tidak kalah penting lagi satu hal, niat harus ditata. Jadi, niatnya itu niat ibadah. Jangan membuat niat-niat yang lain di luar niat ibadah," tutupnya.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: