Polri Bakal Berlakukan One Way di Bali saat WWF Ke-10

Oleh: Mufit
Selasa, 14 Mei 2024 | 10:00 WIB
Kakorlantas Polri, Irjen Pol Aan Suhanan. (Foto/Korlantas Polri).
Kakorlantas Polri, Irjen Pol Aan Suhanan. (Foto/Korlantas Polri).

BeritaNasional.com - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri bakal memberlakukan sistem satu arah atau one way saat mengawal kepala negara dan delegasi peserta World Water Forum Ke-10 pada 18-25 Mei 2024 di Bali.

Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan mengatakan pihaknya telah menyiapkan beberapa rute alternatif bagi masyarakat Bali untuk beraktivitas saat WWF.

"Kami sudah menyiapkan beberapa rute alternatif ketika nanti ada yang ditutup jadi one way," kata Aan dalam keterangannya kepada wartawan, Senin (14/5/2024).

Lebih lanjut, jenderal bintang dua itu menjelaskan sistem satu arah diterapkan untuk 

memastikan kelancaran arus lalu lintas kedatangan dan keberangkatan para kepala negara, tamu, dan delegasi ke tempat-tempat pertemuan serta penginapan.

"Untuk memastikan aktivitas masyarakat tetap berjalan walau ada rekayasa lalu lintas. Sudah disiapkan rute alternatif untuk warga sehingga tidak terganggu aktivitas sehari-harinya dan ini bersifat situasional," terangnya. 

Kendati begitu, Aan belum menjelaskan secara detail lokasi yang bakal diberlakukan one way di Bali. Dia hanya mengatakan akan melakukan rekayasa lalu lintas untuk memastikan aktivitas warga Bali tetap berjalan normal. 

Terkait lokasi parkir, disiapkan buffer zone sehingga aktivitas para tamu dari atau ke tempat acara disediakan mini bus antar-jemput (shuttle bus).

Dalam operasi ini, Korlantas Polri menerjunkan 2.438 personel lalu lintas yang terdiri atas 1.532 personel gabungan dari Korlantas Polri (pusat) dan 10 Ditlantas polda-polda, serta 906 dari Polda Bali.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: