6 Manfaat Air Mentimun yang Tak Terduga, Pas Diminum saat Musim Panas

Oleh: Tarmizi Hamdi
Selasa, 14 Mei 2024 | 12:30 WIB
Ilustrasi air mentimun. (Foto/Freepik)
Ilustrasi air mentimun. (Foto/Freepik)

BeritaNasional.com - Air mentimun menjaga seseorang agar tetap terhidrasi serta dapat menurunkan berat badan 

Minuman yang menyegarkan ini tidak hanya menyegarkan Anda saat musim panas, tetapi juga sangat bergizi dan menyehatkan. 

Ahli gizi Veena V. mengatakan bahwa air mentimun salah satu minuman yang cocok dikonsumsi saat musim panas. 

“Ini adalah minuman musim panas yang dimaksudkan untuk mendinginkan tubuh. Ini adalah cara sederhana untuk menambahkan rasa dan nutrisi halus ke dalam air Anda,” kata ahli gizi Veena V yang dilansir dari Healthshots.com pada Selasa (14/5).

Berikut ini 6 manfaat air mentimun untuk kesehatan yang dikutip dari laman kesehatan tersebut.

1. Hidrasi

Mentimun sebagian besar mengandung air. Jadi, minum air mentimun membantu Anda tetap terhidrasi, mengatur suhu tubuh, dan membantu pencernaan. 

American Academy of Family Physicians menyarankan enam hingga delapan gelas air harus diminum setiap hari. Salah satunya minum air mentimun.

2. Manajemen Berat Badan

Karena kandungan kalorinya yang rendah dan sifatnya yang menghidrasi, air mentimun dapat menjadi minuman yang bermanfaat untuk mengatur berat badan . Inilah salah satu manfaat terbaik dari air mentimun. 

Ini dapat membantu seseorang merasa kenyang lebih lama sehingga berpotensi mengurangi asupan kalori sepanjang hari. 

Penelitian yang dimuat di Nutrients ini menyimpulkan bahwa mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan air tinggi, dan rendah kalori, dapat menurunkan berat badan.

3. Elektrolit dan mineral

Dalam jumlah kecil, air mentimun menyediakan beberapa elektrolit dan mineral seperti potasium dan magnesium. 

Mineral ini penting untuk menjaga fungsi otot dan saraf, dan hidrasi membantu tubuh Anda menyerapnya dengan lebih baik.

4. Dukungan antioksidan

Mentimun mengandung beberapa antioksidan seperti vitamin C dan beta-karoten. Antioksidan ini dapat membantu melindungi sel dari kerusakan dan berpotensi mengurangi risiko penyakit kronis. 

Sebuah penelitian yang dilakukan dalam Journal of Nutrition, Health and Aging menunjukkan bahwa setelah 30 hari, konsumsi bubuk mentimun secara teratur meningkatkan aktivitas antioksidan dalam tubuh.

5. Kesehatan kulit

Tetap terhidrasi sangat penting untuk kesehatan kulit. Mengonsumsi cairan dalam jumlah yang cukup dapat meningkatkan elastisitas kulit dan mengurangi munculnya kerutan. 

Selain itu, beberapa orang percaya kandungan vitamin C mentimun mungkin berkontribusi terhadap kesehatan kulit secara keseluruhan, meskipun diperlukan lebih banyak penelitian.

6. Detoksifikasi

Air mentimun bertindak sebagai diuretik alami, membantu mengeluarkan racun dari tubuh dan mendukung fungsi ginjal. Selain itu, air mentimun juga dapat membantu melawan bau mulut karena kemampuannya dalam menghidrasi dan menghilangkan bakteri di mulut.

Bagaimana cara membuat air mentimun menyehatkan?

Untuk memastikan air mentimun sehat, gunakan mentimun bersih yang sudah dicuci, dan air yang disaring atau dimurnikan. Pastikan juga mengonsumsinya dalam waktu tiga hari untuk menjaga kesegaran dan kualitasnya.

Tidak ada satu jenis resep untuk membuat air mentimun. Resepnya bisa berkisar dari irisan mentimun sederhana yang dimasukkan ke dalam air minum hingga mentimun yang dijus dengan blender. 

Bahan-bahan:

  • 8 gelas air
  • 2 timun, iris tipis

Metode:

  1. Tambahkan irisan mentimun ke dalam teko atau toples besar
  2. Tuang ke dalam air dan aduk rata.
  3. Tutup dan dinginkan minimal 4 jam atau semalaman.
  4. Simpan air dalam lemari es.
  5. Sajikan dengan atau tanpa es
  6.  Minum dalam waktu 3 hari.

Bagaimana cara membuat air mentimun lebih beraroma?

Coba tambahkan salah satu bahan berikut ke dalam air mentimun untuk membuatnya lebih beraroma sekaligus mempertahankan manfaat yang sama:

  • Jeruk lemon
  • Jeruk nipis
  • Jeruk
  • Setangkai daun mint
  • Daun kemangi
  • Melon
  • tangkai serai
  • jahe
  • Raspberry segar atau buah beri lainnya
  • nanas

Tambahkan irisan mentimun, sejumput garam batu, merica, dan jahe campur bersama dengan buah jeruk jika perlu ke dalam air dan dinginkan.

Untuk smoothie-blitz yang menghidrasi dalam blender 1/2 cangkir mentimun cincang, 1 cangkir nanas beku, 1 pisang beku, segenggam bayam, 1/2 cangkir yoghurt, 1/2 cangkir air (atau air kelapa), dan air jeruk nipis (opsional) sampai halus. Sesuaikan rasa manis/getirnya. Bereksperimenlah dengan buah beri, mangga, atau seledri untuk mendapatkan rasa yang berbeda.

Haluskan mentimun cincang (1 sedang), kupas dan cincang jahe (1 inci), dan 1 gelas air hingga halus. Saring jusnya dan nikmati dingin. Untuk menambah rasa, tambahkan sedikit madu atau jus lemon.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: