Usul Bangun Pulau Pengolahan Sampah, Heru Budi Harap Pemerintah Pusat Bisa Bantu Fasilitasi

Oleh: Lydia Fransisca
Rabu, 15 Mei 2024 | 12:12 WIB
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. (Foto/BeritaJakarta).
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. (Foto/BeritaJakarta).

BeritaNasional.com - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menjelaskan soal wacana pembuatan pulau untuk tempat pembuangan dan sampah baru.

Heru menegaskan, hal tersebut hanya sebatas usulan. Jika diwujudkan, ia berharap pemerintah pusat yang melakukan pembangunannya.

Nantinya, anggaran pembangunan pulau ini dapat dari para pemerintah daerah yang membuang sampah ke sana, termasuk juga Pemprov DKI.

"Ini ide iseng saya saja. Pemerintah pusat bikin ini. Pemda yang buang sampah, bayar tuh ke pemerintah pusat. Bayarnya enggak usah mahal-mahal. Masuk ke negara, masuk ke APBN. Kementerian Lingkungan Hidup yang mengolah ini," kata Heru kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (14/5/2024).

Heru berujar, pulau baru ini dapat dimanfaatkan oleh daerah penyangga Jakarta. Ditambah pula akan adanya daerah aglomerasi Jabodetabek usai Ibukota pindah ke IKN.

Oleh karena itu, ia meyakini bahwa pembangunan pulau ini dapat menjadi kewenangan dari pemerintah pusat.

"Kalau pemikiran saya, kan menyelesaikan sampah tidak Jakarta aja. Ada Bekasi kota dan kabupaten, Tangerang ada kabupaten dan Tangerang Selatan, Depok, Bogor, sampahnya mau dibawa ke mana?" ujar Heru.

"Kalau bisa, ini (proyek pulau pengolahan sampah) diambil oleh pemerintah pusat untuk buang sampah Bekasi, Jakarta, Depok, Tangerang," tambahnya.

Heru lantas mencontohkan pembangunan tempat pembuangan sampah di pulau ini telah dilakukan oleh Singapura dengan membangun Pulau Semakau.

"Kita punya ide adalah di wilayah sisi utara laut, bisa menjorok lima kilo dari daratan. Nanti sampah itu bisa diolah dengan teknologi dengan dibuang ke area tersebut," tandas Heru.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: