Perkuat Kemitraan dengan Inggris, Menteri Kantor Kabinet John Glen Kunjungi Indonesia

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Kamis, 16 Mei 2024 | 13:23 WIB
Menteri John Glen saat berkunjung ke Indonesia (Foto/Kedutaan besar Inggris)
Menteri John Glen saat berkunjung ke Indonesia (Foto/Kedutaan besar Inggris)

BeritaNasional.com - Kunjungan Menteri Kabinet Inggris John Glen MP ke Indonesia tujuannya memperkuat kemitraan di bidang kesehatan, transformasi digital, dan pendidikan. Kunjungan ini juga bagian dari peringatan 75 tahun hubungan diplomatik Inggris-Indonesia.

Menteri Kantor Kabinet Inggris John Glen MP mengunjungi Indonesia pada 13-14 Mei 2024 untuk menekankan komitmen Inggris dalam mendukung transformasi digital Indonesia, seiring dengan Strategi Pembangunan Digital Inggris yang baru-baru ini diterbitkan. 

Menteri John Glen bertemu dengan Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi untuk membahas kemitraan bilateral di bidang digital dan pendidikan.

Selain itu Menteri John Glen juga bertemu dengan Wakil Menteri Bappenas Scenaider Siahaan, dan perwakilan senior dari Kementerian Kesehatan untuk membahas mengenai kemitraan di bidang kesehatan dan sektor pembangunan. 

Dalam kunjungan tersebut, Menteri John Glen juga bertemu dengan Wakil Sekretaris Jendral ASEAN untuk urusan masyarakat dan  perusahaan H.E. Nararya S. Soeprapto, dan anggota Sekretariat ASEAN untuk berbagi pengalaman 
modernisasi dan efisiensi pelayanan publik.

Menteri John Glen mengatakan, ia senang bisa kembali mengunjungi Indonesia, negara dengan perekonomian yang berkembang dan punya populasi generasi muda yang dinamis, yang tentunya akan menentukan arah masa depan dunia. 

"Tahun ini, kita merayakan 75 tahun hubungan diplomatik dengan Indonesia. Kerja sama kami dengan Indonesia dalam 
bidang teknologi masa depan, termasuk transformasi digital pada sektor bisnis, kesehatan, dan pendidikan yang semakin erat," ujar Menteri John Glen.

Sebagaimana dituangkan dalam Integrated Review Refresh (dokumen kebijakan luar negeri Inggris terbaru), kemitraan ini merupakan bagian penting dari Strategi Indo-Pasifik Inggris, dan kawasan ini sangat penting bagi perdamaian dan kemakmuran global.

Sebagai salah satu negara dengan perekonomian terbesar di kawasan ini, Indonesia tetap menjadi mitra yang semakin penting bagi Inggris dalam mengatasi perubahan iklim, melawan disinformasi, dan tantangan global yang lebih luas.

"Itulah sebabnya kami memperdalam hubungan bilateral dan melalui peran penting kami sebagai Mitra Dialog 
ASEAN. Saya berharap dapat berdiskusi untuk melanjutkan kolaborasi kami di masa depan,” tambah Menteri John Glen.

Dalam kesempatan itu, Menteri John Glen juga mengundang Menteri Budi Arie untuk  berpartisipasi di London Tech Week yang akan berlangsung pada bulan Juni mendatang.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: