Menhan AS: Meninggalnya Presiden Iran Tak Derdampak Luas terhadap Keamanan Regional

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Selasa, 21 Mei 2024 | 19:00 WIB
Presiden Iran semasa hidup (Foto/Iranian Presidency Office)
Presiden Iran semasa hidup (Foto/Iranian Presidency Office)

BeritaNasional.com - Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin pada hari Senin (20/5/2024) mengatakan, ia  tidak mengetahui penyebab jatuhnya helikopter yang menewaskan Presiden Iran Ebrahim Raisi.

Menurutnya, meninggalnya Presiden Iran tidak berdampak yang lebih luas terhadap keamanan regional.

"Mengenai kematian Presiden Iran, dalam kecelakaan helikopter, sangat disayangkan. Kami terus memonitor situasinya, namun kami belum mengetahui penyebab kecelakaan tersebut pada saat ini," jelasnya.

Presiden Iran Ebrahim Raisi beserta menteri luar negerinya dilaporkan meninggal dunia dalam sebuah kecelakaan helikopter yang terjadi di daerah pegunungan yang bersuhu dingin.

"Tentu saja, saya tahu pihak Iran sedang menyelidiki atau akan menyelidiki. Dan kita akan melihat hasilnya setelah penyelidikan mereka selesai. Dalam hal sikap militer kita, saya tidak punya pengumuman apa pun untuk disampaikan. Dan sekali lagi, ini adalah sesuatu yang akan terus kami awasi. Dan saya belum melihat adanya dampak keamanan regional yang lebih luas pada saat ini," tambah Austin

Dikutip dari VOA, Selasa (21/5/2024), Austin menambahkan bahwa ia tidak dapat berspekulasi mengenai penyebab kecelakaan tersebut.

"Saya tidak akan berspekulasi tentang apa yang akan mereka salahkan. Sekali lagi, mereka harus melakukan investigasi untuk mengetahui apa penyebab kecelakaan itu. Bisa jadi karena beberapa hal, seperti kegagalan mekanis, kesalahan pilot, apa saja," tambahnya.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: