Tingkatkan Pelayanan Transportasi Umum untuk Difabel, Dishub Perbanyak Guiding Block

Oleh: Lydia Fransisca
Rabu, 22 Mei 2024 | 11:05 WIB
Ilustrasi difabel menggunakan transportasi umum. (Foto/Freepik)
Ilustrasi difabel menggunakan transportasi umum. (Foto/Freepik)

BeritaNasional.com - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta mengaku bakal meningkatkan pelayanan untuk difabel di transportasi umum.

Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, salah satu upayanya tersebut dilakukan dengan menambah guiding block atau jalur pemandu di trotoar.

"Artinya kita terus berupaya menyediakan layanan transportasi yang ramah bagi kaum rentan," kata Syafrin kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Selasa (21/5/2024).

Nantinya, ujar Syafrin, penambahan guoding block akan dilakukan di trotoar yang menuju halte Transjakarta. 

Selain itu, Dishub DKI Jakarta juga mewajibkan para sopir Transjakarta untuk tidak mengerem sembarangan. Tak berhenti di situ, fasilitas penunjang lain yang akan ditambah adalah pintu darurat (emergency door) yang desainnya disesuaikan dengan penumpang difabel.

"Contohnya dipersyaratkan dalam penyediaan fasilitas pejalan kaki yang terintegritasi dengan halte Transjakarta, itu harus ada guiding block atau ubin pemandu," ujar Syafrin.

"Demikian pula halnya tetap memperhatikan rem untuk rekan-rekan rentan tadi, disabilitas. Demikian pula halnya dengan penyediaan pintu emergency, itu juga mengakomodir kebutuhan rekan-rekan penyandang disabilitas," tambahnya.

Dari sisi peraturan, Dishub DKI pun tengah merevisi Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 13 tahun 2019 tentang Standar Pelayanan Minimal Transjakarta menjadi Pergub Nomor 2 Tahun 2024.

"Di sana ada penyesuaian-penyesuaian baik itu dari sisi penyediaan sarana, prasarana dan sistem, menyediakan layanan yang lebih mengakomodir kebutuhan rekan-rekan yang memiliki kerentanan tadi," tandasnya.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: