Para Pengunjuk Rasa Pro-Palestina Ganggu Kesaksian Menlu di Komite Senat AS

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Rabu, 22 Mei 2024 | 22:00 WIB
Ilustrasi pengunjuk rasa Pro-Palestina (Foto/NYT)
Ilustrasi pengunjuk rasa Pro-Palestina (Foto/NYT)

BeritaNasional.com - Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken disambut oleh para pengunjuk rasa Pro-Palestina ketika dia berusaha menjelaskan anggaran baru departemennya di gedung Kongres, Capitol Hill.

Para pengunjuk rasa menyuarakan penolakan mereka terhadap apa yang terjadi di Gaza dalam perang antara Israel dan Hamas.

Dikutip dari VOA, Rabu (22/5/2024), Blinken dapat melanjutkan pernyataannya setelah beberapa kali interupsi untuk menjelaskan mengapa departemennya membutuhkan peningkatan pendanaan.

“Kebutuhan akan kepemimpinan global AS dan kerja sama dengan sekutu dan mitra tidak pernah sebesar ini,” kata Blinken.

“Kita perlu menjaga momentum ini yang memerlukan anggaran Departemen Luar Negeri yang sepenuhnya siap untuk memenuhi tantangan zaman yang kita hadapi,” tambahnya.

Permintaan Anggaran Tahun Anggaran 2025 yang diajukan oleh presiden untuk Departemen Luar Negeri dan Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) adalah $42,8 miliar untuk bantuan luar negeri, yaitu $411,5 juta (1 persen) di atas anggaran tahun 2023.

“Tingkat anggaran yang ditetapkan tahun lalu menunjukkan pemotongan sebesar 5% dibandingkan tahun sebelumnya. Hal itu merupakan tantangan bagi kami untuk mencapai hasil,” kata Blinken.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: