Rusia Gempur Ukraina dengan Puluhan Drone

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Rabu, 22 Mei 2024 | 14:00 WIB
Ilustrasi Rusia serang Ukraina (Foto/Pixabay)
Ilustrasi Rusia serang Ukraina (Foto/Pixabay)

BeritaNasional.com - Gubernur wilayah Kharkiv, Ukraina, Selasa (21/5/2024) mengatakan, wilayah mereka dibombardir Rusia sepanjang malam. Sementara militer Ukraina mengatakan, pertahanan udara negara itu telah menembak jatuh 28 dari 29 drone yang diluncurkan ke berbagai wilayah Ukraina.

Gubernur Kharkiv, Oleh Syniehubov mengatakan, rongsokan drone yang dihancurkan telah jatuh dan merusak sejumlah rumah dan melukai setidaknya tiga orang.

Gubernur Dnipropetrosvk, Serhiy Lysak mengatakan, rongsokan drone yang jatuh telah merusak bangunan komersial.

Serangan terakhir ini terjadi setelah Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy kembali meminta sekutu untuk memberikan peralatan secara lebih baik bagi Ukraina dengan sistem pertahanan udara dan pesawat tempur baru.

“Sayangnya, dunia yang bebas masih kekurangan efisiensi terkait dua tugas ini,” kata Zelenskyy.

“Tetapi kami masih memiliki sudut pandang dan kerja sama yang menjanjikan dengan sejumlah mitra, dan kami melakukan apapun untuk memastikan hari itu akan datang secepat mungkin, ketika kita mampu meningkatkan kekuatan dari “Patriot” di wilayah timur kita, kota-kota kita, seperti Kharkiv, Sumy dan yang lain,” tambahnya.

Menteri Pertahanan Rusia mengatakan, pertahanan udara mereka telah menghancurkan rudal terpandu dan dua drone udara di atas wilayah Belgorod, dan satu drone lainnya di wilayah Kursk.


Sementara itu, Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin dan setidaknya 50 pemimpin sektor pertahanan dari Eropa dan seluruh dunia bertemu pada Senin, untuk mengoordinasikan dukungan militer bagi Ukraina, karena negara itu harus melawan serangan baru dari Rusia di wilayah Kharkiv.

Dikutip dari VOA, Rabu (22/5/2024), Austin mengatakan, pertemuan pada Senin dilakukan pada sebuah momen penuh tantangan. Pihaknya berjanji untuk mengirimkan senjata AS ke Ukraina pekan demi pekan.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: