Toni Kroos Putuskan Pensiun, Ini Deretan Fakta serta Prestasinya di Timnas Jerman & Real Madrid

Oleh: Tarmizi Hamdi
Rabu, 22 Mei 2024 | 14:45 WIB
Gelandan Real Madrid dan Timnas Jerman Toni Kroos. (Foto/Real Madrid FC)
Gelandan Real Madrid dan Timnas Jerman Toni Kroos. (Foto/Real Madrid FC)

BeritaNasional.com - Gelandang Real Madrid Toni Kroos mengonfirmasi gantung sepatu setelah UEFA Euro 2024.

Mantan pemain Bayern Munchen itu telah mengumumkan dirinya akan pensiun melalui podcast Einfach mal Luppen miliknya sebelum merilis pernyataan melalui Instagram yang dilansir dari laman resmi FIFA.

Berikut ini 3 fakta tentang Toni Kroos selama bermain untuk Timnas Jerman dan Real Madrid:

1. Kroos telah berkostum Real Madrid selama 10 musim

Ini akan menjadi musimnya yang ke-10 dan terakhir bersama Los Blancos sebelum penampilan internasionalnya dalam beberapa minggu mendatang.

Total, Kroos memenangi 21 trofi di Real Madrid sejak bergabung dari Bayern Munchen pada 2014, termasuk 4 Liga Champions dan 4 La Liga. 

Dia berkesempatan menambah trofi Eropa ketika Los Blancos ditantang Borussia Dortmund pada final Liga Champions musim ini pada 2 Juni yang akan menjadi laga terakhirnya dalam balutan seragam putih-putih Madrid.

“Setelah 10 tahun, di akhir musim ini, babak ini berakhir. Saya tidak akan pernah melupakan saat-saat sukses itu. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semuanya, para Madridista terkasih, atas kasih sayang dan cinta kalian sejak hari pertama hingga hari terakhir,’’ ungkap yang dikutip dari laman Instagramnya pada Selasa (21/5).

2. Kroos membantu negaranya mengangkat trofi Piala Dunia FIFA pada 2014

Kroos yang bergabung dengan Real pada musim panas 2014 dari Bayern Munchen adalah bagian dari skuad Jerman yang mengangkat trofi Piala Dunia FIFA pada tahun yang sama, mengalahkan tuan rumah Brasil 7-1 di semifinal sebelum mengalahkan Argentina 1-0 berkat gol penentu kemenangan di perpanjangan waktu yang dicetak Mario Gotze.

"Pada 17 Juli 2014, hari presentasi saya di Real Madrid, hari yang mengubah hidup saya. Hidup saya sebagai pesepak bola, terutama sebagai pribadi. Itu adalah awal dari babak baru di klub terbesar di dunia,’’ ujarnya.

3. Kroos telah mencatatkan lebih dari 100 caps untuk Jerman

Total pria yang dijuluki Si Sniper itu mencatatkan lebih dari 100 caps bagi Timnas Jerman. Jumlah tersebut kemungkinan terus bertambah seiring keikutsertaannya di Euro 2024.

“Di saat yang sama, keputusan ini berarti karier saya sebagai pesepakbola aktif akan berakhir musim panas ini setelah kejuaraan Euro. Seperti yang selalu saya katakan: Real Madrid adalah dan akan menjadi klub terakhir saya,’’ ujarnya.

“Saya senang dan bangga, bahwa dalam benak saya, saya menemukan waktu yang tepat untuk mengambil keputusan dan saya dapat menentukannya sendiri. Ambisi saya adalah selalu menyelesaikan karier saya di puncak level performa saya,” tuturnya.

Setelah mengamankan gelar La Liga lainnya bersama Real musim ini, Kroos masih memiliki peluang untuk menambah koleksi gelarnya di final Liga Champions UEFA melawan Borussia Dortmund di Stadion Wembley London pada 1 Juni.

Jerman kemudian akan memulai upaya mereka untuk meraih mahkota EURO keempat, dengan tuan rumah tergabung dalam Grup A di mana mereka akan menghadapi Skotlandia, Hongaria, dan Swiss

Real Madrid CF turut mengonfirmasi Toni Kroos telah memutuskan untuk mengakhiri karirnya sebagai pesepakbola profesional setelah Euro 2024.

Real Madrid ingin menyampaikan rasa terima kasih dan kasih sayangnya kepada Toni Kroos, pemain yang akan tercatat dalam sejarah Real Madrid sebagai salah satu pemain terbaik di dunia. klub kami dan legenda sepak bola internasional terhebat.

Toni Kroos tiba di klub pada 2014 dan telah menjadi pemain kunci dalam salah satu periode tersukses dalam 122 tahun sejarah Real Madrid. 

Selama sepuluh musim bermain bersama kami, ia telah meraih 22 gelar dalam 463 penampilan: 4 Piala Eropa, 5 Piala Dunia Antarklub, 4 Piala Super Eropa, 4 gelar Liga, 1 Piala Raja dan 4 Piala Super Spanyol.

Selain kesuksesannya bersama Real Madrid, Toni Kroos dinobatkan sebagai juara dunia bersama Timnas Jerman di Piala Dunia Brasil 2014.

Bersama Bayern Munich, ia meraih 1 Piala Eropa, 1 Piala Dunia Antarklub, 1 Piala Super Eropa, 3 gelar Bundesliga , 3 Piala Jerman dan 2 Piala Super Jerman.

Pada level individu, Toni Kroos telah masuk dalam FIFA FIFPRO World 11 sebanyak tiga kali. Ia juga terpilih sebagai Playmaker Terbaik pada tahun 2014 oleh IFFHS dan meraih Bola Emas sebagai pemain terbaik di Piala Dunia U-17 di Korea pada tahun 2007.

Toni Kroos akan selamanya berada di hati setiap madridista berkat penguasaan permainannya. dan fakta bahwa ia telah memberikan segalanya untuk jersey kami, merupakan contoh nyata dari nilai-nilai Real Madrid.

“Toni Kroos adalah salah satu pemain hebat dalam sejarah Real Madrid dan klub ini akan selalu menjadi rumahnya,” ungkap Presiden Real Madrid Florentino Pérez yang dilansir dari laman resmi Real Madrid FC. 

Real Madrid mendoakan yang terbaik untuk dia dan keluarganya dalam babak baru dalam hidupnya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: