PKS Bakal Panggil Anies Baswedan Bahas Rencana Usung di Pilgub Jakarta

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Jumat, 24 Mei 2024 | 12:30 WIB
Anies Baswedan dalam sebuah acara (Beritanasional/Oke Atmaja)
Anies Baswedan dalam sebuah acara (Beritanasional/Oke Atmaja)

BeritaNasional.com - DPP PKS bakal bertemu Anies Baswedan untuk membahas wacana mengusung sebagai calon gubernur Jakarta pada Pilkada 2024. PKS akan menanyakan kepada Anies apakah bersedia atau tidak untuk diusung pada periode keduanya sebagai gubernur Jakarta.

Sekretaris DPW PKS Jakarta Abdul Aziz menjelaskan, hal itu sebagai langkah selanjutnya setelah PKS Jakarta mengusulkan nama Anies sebagai calon gubernur.

"Di DPP ini paling tidak akan memanggil yang bersangkutan, bersedia atau tidak. Kemudian tanggapannya seperti apa, ini paling tidak kan harus diwawancara dulu," ujarnya kepada wartawan, dikutip Jumat (24/5/2024).

PKS pun tidak akan terburu-buru mengumumkan nama Anies Baswedan sebagai calon gubernur Jakarta. Karena masih akan mengikuti dinamika politik sampai menjelang pendaftaran.

PKS juga masih menimbang-nimbang untuk melihat peluang menang Anies ke depan. Termasuk mendengar dukungan masyarakat apabila menginginkan Anies maju kembali.

"Ini kan politik ya, politik kan dinamis. Tergantung keinginan masyarakat. Kemungkinan menangnya kan juga kita lihat," kata Abdul.

"Buat apa kita mencalonkan pasangan yang enggak akan menang. Buat apa kan? Pasti kita akan mengusung pasangan yang punya potensi menang di Jakarta," sambungnya.

Belum lagi, PKS harus membuka komunikasi dengan partai lain untuk membentuk koalisi. Nantinya bakal ada proses negosiasi.

"Ya jadi dinamis, kita lihat juga pasangan calon yang dari usungan partai lain. Nanti kan ada negosiasi, jangan sama si A pasangannya, lebih baik sama si B ini. Ini kita terus lakukan selama proses sebelum pendaftaran pasti akan berubah-ubah," kata Abdul.

Sebelumnya, PKS Jakarta memutuskan untuk mengusung Anies Baswedan sebagai bakal calon gubernur Jakarta di Pilkada 2024. Keputusan itu menjadi rekomendasi DPW PKS Jakarta kepada DPP PKS.

"Keputusan DPW PKS DKI mengusulkan ke DPP seperti itu (mengusulkan Anies sebagai calon gubernur Jakarta), kewenangan DPP menerima atau menolak," kata Ketua DPW PKS Jakarta Khoirudin kepada wartawan, Kamis (23/5/2024).sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: