Khasiat dan Efek Samping Minum Susu dengan Madu, Ini Faktanya!

Oleh: Tarmizi Hamdi
Senin, 27 Mei 2024 | 13:00 WIB
Khasiat dan efek samping meminum susu yang dicampur dengan madu. (Foto/Freepik)
Khasiat dan efek samping meminum susu yang dicampur dengan madu. (Foto/Freepik)

BeritaNasional.com - Susu dan madu adalah minuman favorit yang manis, hangat, dan nikmat untuk kesehatan tubuh. 

Segelas susu dan madu sebelum tidur juga memiliki manfaat yang luar biasa. Mulai melancarkan pencernaan hingga tidur lebih nyenyak.

Susu dengan madu menjadi minuman sehat yang wajib dicoba. Meskipun manfaat madu dan susu mungkin banyak, ada beberapa efek samping yang harus diingat.

Jika ada pertanyaan tentang cara mencampur madu dengan susu, berapa banyak madu yang harus dicampur dengan susu, bolehkah madu dicampur dengan susu panas?

Bisakah Susu Dicampur dengan Madu?

Mencampur susu dengan madu adalah kombinasi yang umum dan lezat. Dapat ditambahkan ke minuman panas seperti teh atau kopi atau digunakan sebagai pemanis dalam resep. Ahli gizi Kejal Shah yang dilansir dari Healthshots.com, madu dan susu sama-sama bergizi dan dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan bila dikonsumsi bersamaan.

Nilai gizi madu

Sebanyak 20 gram madu mengandung

  • Kalori: 61
  • Lemak: 0 gram
  • Protein: 0 gram
  • Karbohidrat: 17 gram
  • Serat: 0 gram
  • Kalsium: 1,2 mg
  • Besi: 0,084 mg
  • Magnesium: 0,4mg

Khasiat Minum Susu dengan Madu

1. Kombinasi kaya nutrisi

Susu merupakan sumber kalsium, protein, vitamin (seperti B12 dan D), dan mineral (seperti fosfor) yang baik. Madu kaya akan antioksidan dan mengandung nutrisi penting seperti vitamin dan mineral. Jika digabungkan, keduanya akan menghasilkan minuman padat nutrisi yang dapat membantu mendukung kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan.

2. Meningkatkan kekebalan dan pencernaan

Baik susu maupun madu memiliki khasiat meningkatkan kekebalan tubuh. Madu memiliki sifat antibakteri dan antivirus, sedangkan susu mengandung imunoglobulin dan senyawa peningkat kekebalan lainnya. Mengonsumsinya bersama-sama dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melindungi terhadap penyakit. Madu dikenal karena manfaat pencernaannya, karena dapat membantu menenangkan dan menyembuhkan sistem pencernaan. Susu juga mudah dicerna oleh banyak orang. Jika dikonsumsi bersamaan, dapat membantu pencernaan dan meredakan ketidaknyamanan gastrointestinal. Sebuah penelitian yang dipublikasikan di Frontiers in Nutrition menyatakan bahwa madu memiliki sifat pre-biotik yang merekayasa ulang mikroba usus sehingga membuatnya lebih sehat.

3. Meningkatkan kualitas tidur

Apakah madu membantu Anda tidur? Ya! Susu hangat dan madu adalah obat sebelum tidur yang umum untuk meningkatkan kualitas tidur. 

Susu mengandung triptofan, asam amino yang dapat membantu menginduksi tidur, sedangkan madu membantu mengatur pelepasan melatonin, hormon yang berperan dalam siklus tidur-bangun. 

Meminum madu dan susu sebelum tidur dapat membantu Anda rileks dan lebih mudah tertidur. Mencampur susu dengan madu juga dapat membantu kesehatan jantung. 

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di Clinical Nutrition ESPEN menunjukkan bahwa minum susu madu dua kali sehari selama tiga hari membantu meningkatkan kualitas tidur.

4. Mendukung kesehatan tulang

Susu adalah sumber kalsium yang baik, yang penting untuk menjaga kekuatan dan kesehatan tulang. 

Madu mengandung mineral seperti magnesium dan fosfor yang juga berperan dalam kesehatan tulang. 

Mengonsumsi susu dengan madu secara rutin dapat membantu mendukung kepadatan tulang dan mencegah osteoporosis. 

Secara keseluruhan, mencampurkan susu dengan madu dapat menjadi kombinasi sehat dan bergizi yang menawarkan beragam manfaat kesehatan bagi tubuh.

Efek Samping Mencampurkan Susu dengan Madu

Meskipun mencampurkan susu dengan madu dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan, ada beberapa kelemahan yang perlu dipertimbangkan:

1. Pertambahan berat badan

Baik susu maupun madu relatif tinggi kalori dan gula. Mengonsumsinya secara berlebihan atau sebagai bagian rutin dari diet Anda tanpa mempertimbangkan ukuran porsi dapat menyebabkan penambahan berat badan seiring berjalannya waktu.

2. Intoleransi laktosa

Beberapa orang mengalami intoleransi laktosa, artinya mereka kekurangan enzim yang diperlukan untuk mencerna laktosa, gula yang ditemukan dalam susu. 

Mengonsumsi susu dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti kembung, gas, dan diare pada orang-orang ini. 

Menambahkan madu ke dalam susu dapat memperburuk gejala-gejala ini pada individu yang rentan.

3. Potensi reaksi alergi

Meskipun susu dan madu bukanlah penyebab alergi yang umum, beberapa orang mungkin memiliki alergi terhadap salah satunya. 

Mencampur keduanya meningkatkan kemungkinan terjadinya reaksi alergi, seperti ruam kulit, gatal-gatal, atau masalah pencernaan.

4. Kadar gula darah

Madu merupakan pemanis alami yang dapat meningkatkan kadar gula darah karena kandungan gulanya yang tinggi. 

Penderita diabetes atau mereka yang memantau kadar gula darahnya sebaiknya mengonsumsi madu secukupnya, terutama bila dicampur dengan susu, yang juga mengandung gula alami.

5. Gangguan pencernaan

Bagi sebagian orang, kombinasi susu dan madu dapat menyebabkan ketidaknyamanan pencernaan atau gangguan pencernaan. 

Hal ini mungkin disebabkan oleh protein dalam susu atau gula alami dalam madu yang menyebabkan masalah pencernaan seperti gas, kembung, atau sakit perut.

Penting untuk mempertimbangkan kebutuhan kesehatan pribadi Anda, pantangan makanan, dan toleransi terhadap makanan tertentu sebelum memasukkan susu dengan madu ke dalam makanan Anda.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: