PAN soal Wacana Ahok Maju Pilgub Sumut: Masa Kita Takut, Enggak Lah!

Oleh: Lydia Fransisca
Senin, 27 Mei 2024 | 18:38 WIB
Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. (BeritaNasional/Ahda Bayhaqi).
Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. (BeritaNasional/Ahda Bayhaqi).

BeritaNasional.com - Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Saleh Partaonan Daulay buka suara soal wacana majunya Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok di Pilgub Sumatera Utara dari PDI Perjuangan.

Saleh mengaku bahwa PAN tak merasa khawatir dengan wacana tersebut. Sebab, Saleh menilai elektabilitas Ahok lebih tinggi di Jakarta dibanding di Sumatera Utara.

"Masa kita takut dengan Ahok, kan enggak lah. Kalau di Jakarta mungkin Ahok kuat, kalau di Medan kan siapa tahu," kata Saleh kepada wartawan di Kompleks Parlemen Senayan, Senin (27/5/2024).

"Kan ini baru nih wacana, masuk narasi, dan belum ada juga kan keputusannya apakah memang benar-benar Ahok masuk ke sana," tambah Saleh.

Lebih lanjut, Saleh menegaskan jika PAN mendukung menantu dari Presiden Joko Widodo (Jokowi), yakni Bobby Nasution di Pilgub Sumatera Utara.

"Kalau PAN memang jauh hari sudah memberikan dukungan kepada Bobby. Jadi secara lisan ketua umum PAN, Bang Zulkifli Hasan ketika berkunjung ke Medan kemudian ada Bobby Nasution, sudah menugaskan Bobby Nasution untuk melakukan komunikasi politik dengan partai yang ada," ujar Saleh.

Sebelumnya, Politikus PDI Perjuangan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengaku tidak paham mengenai permasalahan di provinsi Sumatera Utara. Hal itu menanggapi peluangnya maju sebagai calon gubernur Sumatera Utara.

"Enggak lah. Saya juga enggak gitu paham Sumut juga," kata Ahok saat Rakernas V PDIP di Ancol, Jakarta, Minggu (26/5/2025).

Namun, Ahok mengaku akan siap apabila memang ditugaskan partai. Ia memegang kedisiplinan berorganisasi.

"Saya enggak tahu. Kan Bung Karno udah ngajarin, kalau partai pelopor itu yang pertama disiplin organisasi, itu aja," katanya.

Sementara itu, Ahok tak menjawab dengan tegas apakah tertarik untuk maju di Pilgub Jakarta. Ia mengaku akan siap untuk membantu bila diminta.

"Pokoknya prinsipnya saya bantu aja, gitu aja," kata mantan gubernur DKI Jakarta ini.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: