PDIP Belum Umumkan Sikap Politik di Pemerintahan Prabowo, PAN: Kami Hormati

Oleh: Lydia Fransisca
Senin, 27 Mei 2024 | 19:32 WIB
Suasana Rakernas V PDI Perjuangan di Ancol, Jakarta. (BeritaNasional/HO/Elvis Sendouw)
Suasana Rakernas V PDI Perjuangan di Ancol, Jakarta. (BeritaNasional/HO/Elvis Sendouw)

BeritaNasional.com - Ketua DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Saleh Partaonan Daulay merespons langkah PDI Perjuangan (PDIP) yang belum mengumumkan sikap politiknya di pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mendatang.

Saleh mengatakan pihaknya menghormati apa pun keputusan PDIP. Sebab, dia yakin hal tersebut merupakan hal yang baik bagi rakyat.

"Seluruh keputusan yang diambil di dalam rakernas PDIP tentu kami hormati, kami hargai. Kami berharap keputusan yang diambil PDI Perjuangan tersebut keputusan terbaik," kata Saleh di Kompleks Parlemen Senayan, Senin (27/5/2024).

Saleh menilai hal itu bukan berarti PDIP menutup kemungkinan untuk merapat ke pemerintahan karena politik selalu bersifat dinamis.

"Tidak ada kata misalnya hitam putih oh ini di sana, ini di sini. Apalagi, saya lihat Pak Prabowo itu orangnya sangat bersahabat, sangat akomodatif, dan terbuka untuk menerima masukan dan saran-saran dari semua pihak," ujar Saleh.

"Apalagi, partai seperti PDI Perjuangan kalau kita lihat kan dalam record-nya saja itu Pak Prabowo dengan Ibu Mega itu kan orang yang juga pernah dekat. Apalagi mereka pernah maju bersama sebagai capres dan cawapres," tambahnya.

Sebelumnya, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri belum mau menyampaikan sikap politik PDIP apakah berada di dalam atau luar pemerintahan. Hal itu disampaikan Megawati dalam pidato politik penutupan Rakernas V PDI Perjuangan di Ancol, Jakarta, Minggu (26/5/2024). 

Dalam rekomendasi eksternal Rakernas, ketua umum diberi kewenangan penuh untuk menetapkan sikap politik partai terhadap pemerintahan.

"Nah ini kan juga, sikap politik partai berada di dalam atau di luar pemerintahan. Gitu kan? Lha iya, enak wae. Belum menit ini saya ngomong," kata Megawati sambil tertawa.

Megawati mengaku masih melakukan hitungan politik. Karena itu, dia belum akan menyampaikan sikap partai dalam momentum rakernas.

"Kan harus dihitung secara politik lho. Enak aja," katanya.

Presiden kelima RI ini sampai berkelakar kepada awak media. Lantaran sikap politik PDIP di pemerintahan Prabowo-Gibran mendatang sangat ditunggu.

"Ini kan wartawan paling tungguin Iki. Sikap dari rakernas, tadi pagi saya baca Kompas, akan menentukan sikap blablabla, haha, aku sambil sarapan gitu kan, aku bilang, haha, enak aja. Gue mainin dulu dong," kata Megawati.

 sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: