Pemkot Jakarta Timur Temukan 2 Hewan Kurban Terindikasi PMK

Oleh: Lydia Fransisca
Selasa, 28 Mei 2024 | 13:35 WIB
Pengecekan hewan kurban. (Foto/Pemkot Jaktim).
Pengecekan hewan kurban. (Foto/Pemkot Jaktim).

BeritaNasional.com - Petugas kesehatan hewan Sudin Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Timur menemukan dua ekor sapi yang terindikasi terkena penyakit mulut dan kuku (PMK) saat memeriksa tempat penampungan hewan kurban di Jalan Mabes TNI, Bambu Apus, Senin (27/5/2024) kemarin.

Kepala Seksi Peternakan dan Kesehatan Hewan Sudin Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Timur Theresia Ellita mengatakan, dua hewan kurban yang terindikasi PMK itu langsung diisolasi agar tidak menularkan penyakit pada hewan kurban lainnya. 

Selain itu, Sudin KPKP Jakarta Timur juga memberikan obat penurun demam dan vitamin pada dua hewan kurban tersebut.

"Kami terus lakukan monitoring setiap hari untuk memantau perkembangan dari kesehatan hewan tersebut," kata Ellita dalam keterangannya, Selasa (28/5/2024).

Ellita berujar, pihaknya akan memantau dua hewan kurban selama dua hari. Jika tidak ada perubahan, mereka akan disembelih paksa di tempat.

"Total ada 141 ekor sapi, 16 kambing, dan 17 domba sudah kami periksa. Secara umum kondisi kesehatan hewan kurban sehat, kecuali dua ekor sapi tersebut," ujar Ellita.

Lebih lanjut, ia mengimbau kepada para penjual hewan kurban agar lebih memperhatikan kondisi kebersihan area tempat penampungan untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: