Israel Serang Suriah, Targetkan Pangkalan Militer

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Kamis, 30 Mei 2024 | 20:00 WIB
Ilustrasi Israel serang Suriah (Foto/Quora)
Ilustrasi Israel serang Suriah (Foto/Quora)

BeritaNasional.com - Media Pemerintah Suriah menyatakan, pertahanan udara negara itu telah mencegat target-target Israel di wilayah tengah mereka pada Rabu (29/5/2024). Organisasi pemantau perang juga mengatakan bahwa Israel telah menyerang sebuah pangkalan militer.

“Pertahanan udara Suriah mencegat target-target musuh di langit kota Homs,” kantor berita resmi SANA melaporkan.

Organisasi pemantau perang, Syrian Observatory for Human Rights mengatakan, serangan Israel menarget setidaknya satu pangkalan militer di pedesaan wilayah timur Kota Homs, yang menyebabkan gumpalan asap membubung ke atas.

Lembaga pemantau yang berbasis di Inggris itu, dengan sumber-sumber jejaring di dalam negeri Suriah, mengatakan bahwa kawasan tersebut juga menjadi tempat tinggal bagi anggota kelompok-kelompok yang didukung Iran, termasuk Hizbullah yang sangat kuat dan berpusat di Lebanon.

Pada Sabtu (25/5/2024), sebuah serangan drone Israel ke Suriah tengah, di dekat perbatasan dengan Lebanon, menewaskan dua anggota milisi Hizbullah, kata lembaga pemantau tersebut.

Israel jarang memberikan komentar terkait serangan-serangan terpisah ke Suriah, tetapi telah berulangkali mengatakan bahwa mereka tidak akan membiarkan musuh bebuyutannya, Iran, untuk memperluas kehadirannya di sana.

Dikutip dari VOA, Israel telah melakukan ratusan serangan ke Suriah sejak pecahnya perang saudara di wilayah utara negara tetangganya itu, utamanya menargetkan posisi-posisi militer dan milisi yang didukung Iran, termasuk Hizbullah.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: