Pemerintah Bakal Gelar Acara Pelepasan Status Ibu kota dari Jakarta ke IKN, Kapan?

Oleh: Lydia Fransisca
Kamis, 30 Mei 2024 | 16:05 WIB
Ilustrasi Ibu Kota Jakarta. (Foto/Instagram: Monumen Nasional)
Ilustrasi Ibu Kota Jakarta. (Foto/Instagram: Monumen Nasional)

BeritaNasional.com - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengungkapkan, akan ada acara pelepasan status Ibu kota Negara ke Kalimantan pada 17 Agustus 2024.

Heru berujar, acara seremoni itu akan digelar usai upacara peringatan kemerdekaan di Monas, Jakarta Pusat.

"Ada seremonial, kira-kira nanti melepas bendera dan duplikat proklamasi dari Monas ke Istana di Jakarta. Dari Istana Jakarta, nanti menuju ke Istana di IKN," kata Heru kepada wartawan, dikutip Kamis (30/5/2024). 

Meski demikian, Heru belum merinci kegiatan tersebut. Namun, ia memastikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan segera meneken Peraturan Presiden (Perpres) tentang penerapan UU Daerah Keistimewaan Jakarta (DKJ).

Adapun UU itu bakal mengatur soal bentuk pemerintahan Jakarta usai tak lagi menjadi Ibu kota. 

Selain itu, tambah Heru, Jokowi juga akan menggelar kegiatan pertama pemerintah pusat di IKN pada Agustus 2024 mendatang. Hal tersebut menandakan dimulainya aktivitas pemerintah di IKN.

"Mulai 1 Agustus, ada kegiatan dzikir di IKN. Berikutnya, pada 18 Agustus juga Bapak Presiden rencananya akan meresmikan masjid IKN. Itu kerangka awal untuk melakukan kegiatan pemerintahan di IKN," jelas Heru.

"Ini sudah menjadi komitmen pemerintah pusat bahwa sesegera mungkin perpres itu dikeluarkan sehingga waktunya tepat untuk beralih menjadi DKJ," tambahnya.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: