Susah Cari Batik untuk Tamu, Heru Budi Berharap Motif Betawi Mampu Bersaing di Ranah Fashion

Oleh: Lydia Fransisca
Jumat, 31 Mei 2024 | 17:00 WIB
Heru kerap kesulitan mencari batik (Beritanasional/Lydia)
Heru kerap kesulitan mencari batik (Beritanasional/Lydia)

BeritaNasional.com - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengungkapkan, ia kerap kesulitan mencari batik yang menggambarkan kekhasan dari daerah-daerah untuk diberikan kepada tamu kenegaraan. 

Oleh karena itu, Heru berharap agar motif batik Betawi dapat bersaing mengikuti perkembangan fashion dari masa ke masa.

Adapun hal itu ia katakan saat menghadiri acara Penganugerahan Juara Lomba Desain Batik Betawi 2024 di Balai Agung, Balaikota DKI Jakarta, pada Kamis (30/5/2024).

“Mencari batik dengan sebuah cerita unik yang benar-benar menggambarkan bagian dari Negara Republik Indonesia itu susah, tidak gampang. Itu bisa keliling Pulau Jawa, bahkan ke pelosok-pelosok daerah di Indonesia," kata Heru, dikutip dari keterangan resminya, Jumat (31/5/2024).

"Misalnya, kita ambil batik dari daerah Sumatra, maka saya pilih yang paling unik dan ceritanya benar-benar menjadi bagian dari negara Indonesia,” tambahnya.

Lebih lanjut, Heru juga berharap agar lomba desain batik Betawi dapat diadakan secara rutin dengan melibatkan generasi muda.

Pasalnya, Heru menilai kegiatan lomba desain ini memberikan manfaat yang banyak, baik untuk melestarikan budaya Betawi maupun memberikan kegiatan positif bagi generasi muda.

"Mudah-mudahan ini bisa diteruskan. Harapan saya semoga ini bisa dilakukan setiap tahun dan bisa kita beli juga. Jadi sekalian melestarikan Batik Betawi, daripada melamun main game, ini bisa menjadi kesibukan anak-anak didik kita," ucap Heru.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: