Israel Tak Mau Hentikan Serangan ke Gaza meski Hamas Bebaskan Sandera

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Minggu, 02 Juni 2024 | 08:00 WIB
Israel terus memborbardir Gaza (Foto/Pixabay)
Israel terus memborbardir Gaza (Foto/Pixabay)

BeritaNasional.com - Pemerintah Israel tidak akan menghentikan perang di Gaza bahkan jika Hamas membebaskan seluruh sandera yang ditawan pada 7 Oktober tahun lalu. Hal ini diungkapkan Penasihat Keamanan Nasional Tzachi Hanegbi.

Pernyataan Hanegbi muncul dalam pertemuan dengan keluarga sandera Israel. Ia mengatakan, perjanjian tahap satu untuk pembebasan para sandera, diklasifikasikan berdasarkan alasan kemanusiaan, dan dapat segera dicapai.

Namun, Hanegbi dilaporkan mengatakan kepada keluarga sandera bahwa, "Pemerintahan ini tidak akan mengambil keputusan untuk menghentikan perang sebagai imbalan pembebasan sandera."

Sebelumnya Hamas telah menerima usulan gencatan senjata yang disusun Mesir dan Qatar, namun Israel menolak usulan tersebut dan memutuskan melancarkan serangan darat di kota selatan Rafah.

Dikutip dari Antara, Israel mengupayakan gencatan senjata sementara sambil mempertahankan kehadiran militernya di Gaza. Sementara Hamas bersikeras mengakhiri perang, penarikan pasukan Israel, mengizinkan pengungsi Palestina untuk kembali ke wilayah mereka.

Juga mengizinkan  mendatangkan bantuan kemanusiaan yang cukup sebagai bagian dari kesepakatan pertukaran tahanan.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: