Ini Pesan Jokowi Soal Keberhasilan Ambil Alih Freeport dan Blok Rokan

Oleh: Imantoko Kurniadi
Sabtu, 01 Juni 2024 | 16:01 WIB
Presiden Joko Widodo. (Foto/Setkab)
Presiden Joko Widodo. (Foto/Setkab)

BeritaNasional.com - Ada momen penting saat Presiden Joko Widodo memperingati Hari Lahir Pancasila 2024 yang dipusatkan di Dumai, Riau. 

Dalam pidatonya, Jokowi menekankan pentingnya memperkokoh bangsa dan kerjasama untuk membangun ekonomi nasional dengan berlandaskan Pancasila.

Ia pun menyoroti industrialisasi dan hilirisasi sebagai langkah penting, serta pentingnya mengelola kekayaan negara untuk kemakmuran rakyat.

"Kita harus menjamin kekayaan negara sepenuhnya untuk kemakmuran rakyat kita. Juga harus aktif mengambil kembali aset-aset strategis bangsa, kita kelola dan manfaatkan sebesar-besarnya untuk kesejahteraan masyarakat," kata Jokowi dalam Pidatonya, Sabtu (1/6/2024).

Jokowi juga menyinggung keberhasilan Indonesia dalam mengambil alih saham mayoritas Freeport dan Blok Rokan.

Berdasarkan pemaparannya Blok Rokan menjadi blok migas paling produktif di Indonesia.

"Blok Rokan di Riau ini, tempat yang kita pakai untuk lokasi upacara peringatan hari lahir Pancasila, paling produktif dengan produksi 162.000 barel per hari, melebihi saat dikelola oleh Chevron," papar Jokowi lebih lanjut.

Jokowi menegaskan bahwa langkah ini merupakan bagian dari upaya untuk mencapai kedaulatan politik dan kemandirian ekonomi sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: