Usai Koalisi Terbentuk, PKS Sebut Anies Akan Jawaban Tawaran Maju Pilkada Jakarta

Oleh: Lydia Fransisca
Sabtu, 01 Juni 2024 | 16:27 WIB
Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar saat hadiri penetapan Prabowo-Gibran di KPU. (Foto/Oke Atmaja)
Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar saat hadiri penetapan Prabowo-Gibran di KPU. (Foto/Oke Atmaja)

BeritaNasional.com - Akan Pertimbangkan Maju Pilkada Jakarta usai Koalisi Terbentuk

Sekretaris DPW PKS DKI Jakarta, Abdul Aziz mengatakan, Anies Baswedan belum memberikan jawaban apakah akan maju pada Pilkada 2024.

Meski demikian, Aziz menyebut bahwa Anies akan memberikannya jawaban setelah koalisi di Pilkada terbentuk.

Adapun hal itu disampaikan Anies saat DPW PKS DKI melakukan kunjungan ke kediaman pribadinya di Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Kamis (30/5/2024) lalu.

"Kalau sudah siap, partai-partai sudah berkoalisi, nanti akan saya jawab ini (tawaran maju Pilkada DKI), katanya gitu," kata Aziz saat dikonfirmasi, Jumat (31/5/2024).

Aziz juga berujar, Anies menilai bahwa saat ini tiap partai politik sedang bekerja membentuk koalisi. Ditambah pula PKS yang juga tak bisa mengusung sendiri meskipun menjadi pemenang dalam Pileg 2024.

"Kan prosesnya masih panjang ya. PKS juga gak bisa mencalonkan sendiri, jadi ya (Anies bilang) silakan lah partai-partai ini berkoalisi dulu baru nanti mengusung nama," ujar Aziz.

"Ini kan masih wilayahnya partai-partai kan, belum individu karena beliau kan gak punya partai kan," lanjutnya.

Terkait koalisi, Aziz menyebut hal ini merupakan wewenang dari DPP. Nantinya, akan ada berbagai pertimbangan untuk membentuk koalisi, misalnya faktor seperti elektabilitas.

"Surat keputusan tetap dari DPP. Tapi kalau pendekatan kami sudah dengan semua partai yang ada di dewan dan kurang lebih komunikasinya bagus lah semuanya," tandasnya.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: