Banyak Ciptakan Peluang, Timnas Indonesia Ditahan Imbang Tanzania

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Minggu, 02 Juni 2024 | 18:33 WIB
Timnas Indonesia vs Tanzania. (Foto/PSSI).
Timnas Indonesia vs Tanzania. (Foto/PSSI).

BeritaNasional.com - Timnas Indonesia ditahan imbang oleh Tanzania dalam pertandingan uji coba di Stadion Madya, Jakarta, Minggu (2/6/2024). Sejatinya Indonesia menguasai jalannya laga dan banyak menciptakan peluang.

Laga menjelang lima menit, Timnas Indonesia sudah mengancam melalui sundulan Shayne Pattynama usai menerima umpan silang dari Asnawi Mangkualam. Hanya saja, sundulan Shayne masih bisa diamankan oleh kiper Ally Salim, serta menghasilkan sepakan pojok.

Pada menit ke-20, Indonesia kembali menebarkan ancaman ke gawang Tanzania melalui semakan Thom Haye. Namun tendangan mendatar masih bisa diantisipasi oleh kiper Tanzania.

Tanzania merepotkan lini pertahanan Indonesia. Pada menit ke-30 melalui serangan balik Tanzania melalui Morice Abraham, tapi bisa dipatahkan oleh Rizky Ridho yang melakukan tekel. Gawang Indonesia pun masih aman.

Di akhir babak pertama, Indonesia lagi-lagi mendapatkan peluang melalui sepakan Thom Haye yang masih melebar tipis di sisi gawang Tanzania. Skor 0-0 menutup babak pertama.

Di babak kedua, Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memasukkan empat pemain yakni Muhammad Adi Satryo, Muhammad Ferarri, Ricky Kambuaya dan Pratama Arhan. Sementara Ernando Ari, Asnawi, Ivar Jenner, dan Shayne kemudian ditarik keluar.

Pergantian ini sedikit mengubah pola permainan Timnas Indonesia yang lebih banyak kehilangan bola. Terbukti, Tanzania malah mengancam gawang Adi Satryo. Pada menit ke-58 Ibrahim Hamad berhadapan satu lawan satu dengan Adi Satryo. Namun bisa diselamatkan dengan baik.

Setelah itu Timnas Indonesia lebih banyak menguasai bola. Namun tidak ada peluang emas yang diciptakan karena lini pertahanan Tanzania sangat kokoh dan sulit ditembus.

Justin Hubner pun dimasukan oleh pelatih Shin Tae-yong. Ia pun memberikan ancaman bagi gawang lawan setelah sepakannya di menit ke-83 berbelok usai membentur pemain belakang Tanzania.

Di waktu yang ada, skuad Garuda tidak mampu mencetak gol meskipun mendominasi jalannya laga. Skor berakhir imbang 0-0 antara Indonesia dengan Tanzania.

Laga selanjutnya Indonesia akan menghadapi Irak di kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada Kamis (6/6/2024).sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: