Komisi X DPR Setujui Naturalisasi Calvin Verdonk dan Jens Raven

Oleh: Tim Redaksi
Senin, 03 Juni 2024 | 12:59 WIB
Gedung DPR RI. (BeritaNasional/Elvis).
Gedung DPR RI. (BeritaNasional/Elvis).

BeritaNasional.com - Komisi X DPR RI menyetujui proses naturalisasi dua calon pemain Timnas Indonesia yakni Calvin Verdonk dan Jens Raven.

Hal itu sebagaimana disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifudin saat rapat kerja bersama dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) dan PSSI perihal naturalisasi Calvin Verdonk dan Jens Raven di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (3/6/2024).

"Komisi X DPR RI memutuskan menyetujui rekomendasi kewarganegaraan RI atas nama Calvin Ronald Verdonk dan saudara Jens Raven, dengan catatan bahwa penetapan Kewarganegaraan RI ditetapkan oleh instansi yang berwenang berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku," ucap Hetifah saat membacakan keputusan.

Dijelaskan Hetifah, Komisi X DPR juga mendorong agar pemerintah dan PSSI bisa memperhatikan semua catatan yang diberikan oleh pihaknya. 

Kemudian, hasil rapat kerja ini, kata Hetifah, akan disampaikan dalam rapat Paripurna DPR mendatang untuk kemudian diambil keputusan.

“Komisi X DPR RI mendorong pemerintah dan PSSI agar memperhatikan seluruh catatan dan rekomendasi yang disampaikan oleh pimpinan dan anggota komisi X DPR RI pada rapat kerja hari ini sebagai langkah untuk membangun prestasi olahraga, khususnya persepakbolaan nasional. Selanjutnya hasil rapat kerja hari ini akan disampaikan dalam rapat paripurna DPR RI untuk diambil keputusan,” tuturnya.

Sebelumnya Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah menerima surat Presiden (Surpres) pemberian status Warga Negara Indonesia (WNI) alias naturalisasi pesepakbola Calvin Ronald Verdonk dan Jens Raven. 

Supres itu dibacakan oleh Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad dalam rapat paripurna ke-18, Selasa (28/5/2024).

"R-18 Pres tanggal 17 Mei 2024 hal permohonan pertimbangan pemberian kewarganegaraan RI atas nama saudara Calvin Ronald Verdonk dan saudara Jens Raven," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Calvin Verdonk mempunyai darah Meulaboh Aceh dari sang ayah. Lalu untuk Jens Raven memiliki darah Indonesia dari neneknya yang berasal di Yogyakarta.

Calvin Verdonk saat ini berusia 27 tahun dan berposisi sebagai bek sayap kiri. Ia adalah jebolan  akademi Feyenoord sejak tahun 2013 silam. Saat ini Calvin Verdonk bermain di NEC Nijmegen sebanyak 121 penampilan dengan mencetak tujul gol serta sembilan assist di Eredivisie.

Sementara, untuk Jens Raven berusia 18 tahun dan berposisi sebagai penyerang tengah. Sejak tahun 2023, Jens Raven memperkuat 

Dordrecht U21. Dirinya bermain di U21 Divisie 2, kompetisi level 'Youth league’ sudah mencetak enam gol dari 19 penampilan.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: