Soal Pengunduran Diri Kepala Otorita IKN, Anggota DPR: Butuh Orang yang Kuat

Oleh: Ahda Bayhaqi
Senin, 03 Juni 2024 | 18:22 WIB
Anggota DPR Fraksi Demokrat Herman Khaeron. (BeritaNasional/Elvis)
Anggota DPR Fraksi Demokrat Herman Khaeron. (BeritaNasional/Elvis)

BeritaNasional.com - Anggota DPR Fraksi Demokrat Herman Khaeron mengatakan kepala Otorita IKN memang harus orang yang kuat karena menghadapi tantangan besar dalam membangun ibu kota baru.

Hal itu menanggapi pengunduran diri Bambang Susantono sebagai kepala Otorita IKN dan Dhony Rahajoe sebagai wakil kepala Otorita IKN.

"Yang pasti bahwa memang tantangannya besar karena ini kan membuka area baru ke depan tantangannya besar ya semestinya orang-orang kuat lah yang ada di sana," kata Herman di DPR, Jakarta, Senin (3/6/2024).

Orang yang menjadi kepala Otorita juga perlu punya talenta agar bisa membangun kota yang berfungsi.

"Orang-orang yang punya talenta untuk bisa menciptakan suasana ataupun membangun dari awal. Sehingga kemudian nanti berfungsi sebagai ibu kota Nusantara," kata Herman.

Sementara itu, Herman enggan menanggapi apa kira-kira alasan pengunduran diri Bambang sebagai kepala Otorita IKN.

"Saya kira tanya kepada beliau lah ya karena itu kan yang tahu kenapa harus mundur, kenapa kemudian tidak melanjutkan, kan beliau yang tahu," ucapnya.

Sebelumnya, Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono dan Wakil Otorita IKN Dhony Rahajoe mengundurkan diri dari jabatannya. 

Pengumuman pengunduran diri itu disampaikan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno dalam konferensi pers Istana, Jakarta, Senin (3/6/2024). Istana menerima surat pengunduran diri tersebut dari beberapa waktu yang lalu.

"Beberapa waktu lalu, bapak presiden menerima surat pengunduran diri dari Pak Dhony Rahajoe selaku wakil kepala otorita IKN," kata Pratikno.

"Kemudian, beberapa waktu berikutnya, pak presiden juga menerima surat permohonan pengunduran diri dari bapak Bambang Susantono sebagai kepala otoritas IKN," imbuhnya.

Presiden Joko Widodo telah menerbitkan keputusan presiden terkait pemberhentian dengan hormat Bambang dan Dhony dari jabatannya sebagai kepala dan wakil kepala otorita IKN.

"Pada hari ini, telah terbit keputusan presiden tentang pemberhentian dengan hormat bapak Bambang Susantono sebagai kepala otorita IKN dan juga Bapak Dhony Rahajoe sebagai wakil kepala otorita IKN, disertai ucapan terima kasih atas pengabdian beliau-beliau," jelas Pratikno.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: