Menteri Retno Tegaskan Indonesia Konsisten dan Kokoh Bela Palestina

Oleh: Tim Redaksi
Senin, 03 Juni 2024 | 19:00 WIB
Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi. (Foto/Kemenlu)
Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi. (Foto/Kemenlu)

BeritaNasional.com - Pemerintah Indonesia konsisten dan kokoh membela bangsa Palestina. Prinsip itulah yang selama ini dipegang oleh Indonesia.

Hal tersebut dikatakan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam mengisi kuliah umum bertajuk Diplomasi Indonesia untuk Indonesia di Balai Senat Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Senin (3/6).

"Sampai saat ini pemerintah Indonesia masih kokoh dan konsisten untuk terus membela bangsa Palestina. Karena kekokohan dan prinsip inilah, Indonesia dihormati oleh internasional," katanya.

Retno menuturkan konsistensi prinsip tersebut bukan hal yang mudah bagi Indonesia di tengah situasi dunia yang karut-marut dan penuh dengan tekanan.

"Sangat tidak mudah untuk memegang sebuah prinsip secara konsisten di tengah situasi dunia yang karut-marut, penuh dengan tekanan," tuturnya.

Retno menjelaskan konsistensi ini membuat Indonesia berada di garis depan membela keadilan dan kemanusiaan bagi Palestina, bersama Arab Saudi, Qatar, Yordania, Mesir, Turki, Nigeria, dan Palestina.

Indonesia menjadi satu-satunya negara non-Arab yang duduk bersama dengan Uni Eropa untuk mendukung keanggotaan penuh Palestina di PBB.

"Kalau kita lihat yang mendapatkan mandat tadi, Indonesia adalah wakil dari Asia, dan ini bukan sesuatu yang diraih dengan gampang ini adalah trust, ini adalah respect terhadap Indonesia," kata dia.

Retno berharap ketegaran dan konsistensi memegang prinsip tersebut harus terus dipertahankan karena perjuangan Indonesia dan dunia internasional untuk membantu Palestina masih panjang.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: