PDIP Bahas Peluang Usung Anies Baswedan di Pilgub Jakarta

Oleh: Ahda Bayhaqi
Sabtu, 08 Juni 2024 | 19:15 WIB
Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar saat hadiri penetapan Prabowo-Gibran di KPU. (Foto/Oke Atmaja)
Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar saat hadiri penetapan Prabowo-Gibran di KPU. (Foto/Oke Atmaja)

BeritaNasional.com - Ketua DPP PDI Perjuangan Ahmad Basarah mengakui sudah ada pembicaraan informal dengan Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar, terkait kerjasama di Pilgub Jakarta 2024. 

PDIP terbuka mengusung calon gubernur yang akan diusung PKB, yaitu Anies Baswedan.

"Tadi dalam pembicaraan informal, saya juga sudah sampaikan dengan Pak Muhaimin Iskandar, kemungkinan kita akan melakukan kerja sama politik masuk di dalam Pilkada Jakarta, kalau kemungkinan PKB mengusung Pak Anies Baswedan sebagai calon gubernur DKI Jakarta, maka ketika kerjasama kami dengan PKB direalisasi dalam pilkada Jakarta," kata Basarah di kantor DPP PKB, Jakarta, Sabtu (8/6/2024).

PDIP akan membahas peluang memasangkan Anies Baswedan dengan calon wakil gubernur dari partai berlambang banteng. 

"Sangat mungkin pembicaraan mengenai kerja sama politik mengenai calon yang diusung dari PKB dalam hal ini Pak Anies Baswedan, dibicarakan dengan calon yang mungkin akan kami usung dari PDI Perjuangan," kata Basarah.

Namun, sampai detik ini masih belum ada keputusan final. Basarah mengatakan, tinggal menunggu dinamika politik ke depan.

"Mari kita tunggu beberapa waktu lagi dinamika politiknya akan seperti apa. Tetapi kita membuka diri untuk bisa bekerja sama dengan partai politik mana pun dalam konteks pilkada," kata Basarah.

Sebelumnya, PDI Perjuangan melirik sosok mantan Panglima TNI Jenderal (purn) Andika Perkasa sebagai bakal calon gubernur Jakarta pada Pilkada 2024. Andika kini berstatus sebagai anggota PDIP.

"Kemudian muncul nama nama seperti itu, ada nama Mas Andika Perkasa," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto kepada wartawan, dikutip Jumat (7/6/2024).

Hasto mengatakan, sosok Andika direspon positif oleh para kader PDIP ketika diumumkan oleh Ketua Umum Megawati Soekarnoputri. 

Karena itu, untuk bakal calon gubernur Jakarta masih sangat dinamis dan terus dilakukan pemetaan.

"Ketika ibu mengumumkan Mas Andika Perkasa ini, mantan Panglima TNI ini bergabung ke PDI Perjuangan, itu responsnya juga sangat luas," katanya.

"Sehingga secara dinamis terus dilakukan pemetaan politik dan partai juga mengkonsolidasikan seluruh jajarannya sehingga ketika keputusan itu muncul semua langsung bergerak," jelas Hasto.

Nama Anies diakui PDIP terus disuarakan untuk dipertimbangkan diusung di Pilgub Jakarta. 

Ketua DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani sudah mengakui Anies merupakan sosok yang menarik.

"Mbak Puan kemarin menyatakan Mas Anies itu menarik, kemudian ada muncul nama Mas Pramono Anung, yang memang mempunyai pengalaman yg luas dan masih representasi orang-orang muda juga," kata Hasto.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: