Kualitas Udara Kota Jakarta Hari Ini Buruk

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Minggu, 09 Juni 2024 | 09:17 WIB
Ilustrasi polusi udara Jakarta (Foto/ist)
Ilustrasi polusi udara Jakarta (Foto/ist)

BeritaNasional.com - Kualitas udara di DKI Jakarta pada hari Minggu pagi (9/6/2024), berada dalam kategori tidak sehat sehingga diimbau untuk menghindari aktivitas luar ruangan.

Menurut data situs pemantau kualitas udara IQAir, pada pukul 06.30 WIB, indeks kualitas udara (AQI) di Jakarta berada di angka 166, dengan angka partikel halus (particulate matter/PM) 2,5 di angka konsentrasi polutan 77 mikrogram per meter kubik.

Konsentrasi tersebut setara 15,4 kali dari nilai panduan kualitas udara tahunan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Indeks kualitas udara tersebut membuat Jakarta menduduki kota dengan kualitas udara ketiga terburuk di dunia.

Di atas Jakarta, kota dengan kualitas udara terburuk pada peringkat pertama, yakni Kampala, Uganda dengan indeks kualitas udara di angka 174, kemudian Delhi, India pada peringkat kedua dengan indeks 166.

Sejumlah wilayah di Jakarta yang tercatat memiliki kualitas udara dengan kategori tidak sehat, yakni Kuningan, Kemang dan Jeruk Purut.

Masyarakat pun direkomendasikan untuk menghindari aktivitas di luar ruangan, mengenakan masker saat di luar, menutup jendela untuk menghindari udara luar yang kotor, serta menyalakan penyaring udara.

Dikutip dari Antara, sistem Informasi Lingkungan dan Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta juga mencatat bahwa kualitas udara di Jakarta secara keseluruhan untuk polusi udara PM2,5 berada pada kategori tidak sehat dengan indeks angka 109.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: