PDIP Buka Peluang Koalisi dengan PKB di Pilgub Jawa Timur, Usung Khofifah?

Oleh: Ahda Bayhaqi
Selasa, 11 Juni 2024 | 09:54 WIB
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. (Foto/PDIP)
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. (Foto/PDIP)

BeritaNasional.com - PDI Perjuangan membuka peluang kerjasama dengan PKB di Pilgub Jawa Timur, namun partai belambang banteng itu belum menentukan apakah bakal mendukung Khofifah Indar Parawansa sebagai bakal calon gubernur Jawa Timur. 

"Nah ini terkait pada strategi ke depan ini. Ya tentu kita harus berhitung. Jangan-jangan kita bisa bersama-sama PKB di Jawa Timur, betul," kata Ketua DPP PDIP Eriko Sotarduga kepada wartawan, dikutip Selasa (11/6/2024).

Bila berkoalisi, maka menjadi gabungan dua partai dengan kursi terbanyak di Jawa Timur. PKB sebagai partai pemenang di Jatim, PDIP sebagai pemenang kedua.

"Kan begitu. Kan pemenang di Jawa Timur sekarang PKB, periode lalu kami yang menang. Kalau sekarang pemenang periode lalu dengan periode kini bersama-sama, apa tidak boleh?" kata Eriko.

PDIP pun punya segudang kader yang bisa diusung di Pilgub Jatim, seperti Tri Rismaharini, Pramono Anung, Said Abdullah, hingga Abdullah Azwar Anas.

Namun, DPP PDIP menyerahkan sepenuhnya kepada PDIP Jatim yang menjalankan komunikasi dengan partai-partai di Jatim.

"Nah itu biarlah nanti DPD Jawa Timur yang jawab ya kan. Nanti coba ditanyakan sama Pak Said Abdullah," kata Eriko.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: