Waktunya Garuda Mencakar Filipina di GBK!

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Selasa, 11 Juni 2024 | 11:11 WIB
Timnas Indonesia. (Foto/PSSI).
Timnas Indonesia. (Foto/PSSI).

BeritaNasional.com - Timnas Indonesia akan melakoni laga penentuan melawan Filipina di Kualifikasi Piala Dunia 2026 grup F zona Asia. Laga ini bisa menjadi waktunya skuad Garuda mencakar Filipina untuk memastikan ke babak selanjutnya.

Bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Selasa (11/6/2024) malam, tim asuhan Shin Tae-yong wajib mengantongi tiga poin. Sebab, Timnas Indonesia tak perlu lagi menunggu hasil antara Irak vs Vietnam.

Tiga poin dibutuhkan setelah di laga sebelumnya Timnas Indonesia kalah dari Irak di hadapan pendukungnya sendiri. Hasil ini sedikit menunda kepastian untuk Indonesia agar bisa lolos ke babak selanjutnya Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Dalam laga ini, Indonesia kemungkinan akan diperkuat oleh Jay Idzes dan Calvin Verdonk. Tentunya hal ini menjadi senjata baru bagi Shin Tae-yong setelah sebelumnya saat melawan Irak kedua pemain itu tidak dimainkan.

Jika merujuk dalam head to head antara Indonesia melawan Filipina, Merah putih unggul 23 pertandingan dari 28 pertemuan yang sudah terjadi. Empat bentrok kedua tim berakhir imbang dan satu kemenangan diraih oleh Filipina.

Walaupun jika merujuk dari peta kekuatan, Indonesia tidak boleh besar kepala. Soalnya, kekuatan Filipina kini mulai mengalami perubahan karena sudah diisi oleh beberapa pemain naturalisasinya.

Apalagi dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 leg pertama di 21 November 2023, Filipina berhasil menahan imbang Indonesia dengan skor 1-1.

Sementara, Pelatih kepala timnas Shin Tae-yong (STY) mengatakan Tim nasional (Timnas) Indonesia siap tampil habis-habisan dan bekerja keras menjelang pertemuan melawan Filipina. 

“Seperti yang kita tahu, tidak ada tempat lagi untuk kita mundur, tidak boleh juga kita mundur dari sini,” ujar pelatih Timnas Korea Selatan (Korsel) pada Piala Dunia 2018 itu.

STY juga mengingatkan Rizky Ridho dkk untuk tidak memandang remeh lawannya. 

“Filipina meski gagal lolos pasti berjuang keras melawan Indonesia. Demikian pula kami akan bekerja semaksimal mungkin agar bisa memberikan kemenangan kepada para fans sepak bola Indonesia,” ucapnya.

Patut dinantikan penampilan Indonesia saat kontra Filipina nanti malam. Jadi, ayo Garuda waktunya kalahkan Filipina!sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: